Fakultas Hukum Unhas Fasilitasi Video Conference Sidang Sengketa Pemilu

NEWSURBAN — Mahkama Konstitusi (MK) Republik Indonesia menggelar Sidang Sengketa Hasil Pemilihan Legislatif, dengan difasilitasi oleh Fakultas Hukum Unhas. Sidang ini berlangsung pada pukul 09.00 wita di Ruang Video Conference Mahkamah Konstitusi, Lt. 2 Fakultas Hukum Unhas, Kamis (25/07/2019).

Universitas Hasanuddin melalui Fakultas Hukum merupakan salah satu dari 43 universitas di Indonesia, baik swasta maupun negeri, yang mendapatkan fasilitas Video Conference (Vidcon). Tujuan penyediaan fasilitas Vidcon ini sebenarnya adalah untuk mempermudah sosialisasi kegiatan-kegiatan MK, sehingga diketahui oleh Masyarakat. Fasilitas ini dapat mendekatkan MK dengan masyarakat.

Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Perencanaan Fakultas Hukum Unhas, Dr. Syamsuddin Muchtar, SH, MH menjelaskan bahwa keberadaan fasilitas ini telah membantu masyarakat, sehingga dalam kondisi tertentu masyarakat tidak perlu datang ke Mahkamah Konstitusi di Jakarta.

“Fungsi dari Vidcon ini antara lain sidang MK bisa disaksikan dan peran kami menyediakan tempat, sementara peralatan disiapkan oleh MK. Dengan demikian, tidak semua orang harus ke Jakarta. Lebih mendekatkan pelayanan konstitusi ke masyarakat,” jelas Syamsuddin Muchtar.

Sidang Sengketa Hasil Pemilihan Legislatif yang berlangsung di Ruang Video Conference Fakultas Hukum melibatkan 3 partai yakni Partai Hanura dari Enrekang, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dari Takalar, dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Bantaeng dan Selayar. Turut hadir pula wakil-wakil dari KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan.

Setiap partai yang terlibat menghadirkan saksi. Begitu pula dari KPU menghadirkan komisioner dan pejabat terkait. Sebanyak 10 orang yang terdiri dari saksi dan komisioner yang diajukan partai yang hadir. Hadir juga 5 orang perwakilan KPU Provinsi dan Kab/Kota mengikuti sidang sengketa hasil pemilihan legislatif.

Sidang dimulai dengan pembacaan sumpah kesaksian dan kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan jawaban dari saksi-saksi yang dihadirkan. Jalannya sidang ini menarik perhatian civitas akademika Unhas serta masyarakat yang hadir. (*/newsurban.id)

Laporan: Mirayanti (Humas Unhas)

One thought on “Fakultas Hukum Unhas Fasilitasi Video Conference Sidang Sengketa Pemilu

  1. Pingback: 15 Februari, MD KAHMI Makassar Lantik Majelis Rayon KAHMI di Unhas | Newsurban

Leave a Reply