Susun SOP Ambulans Laut Dinkes Libatkan IDI

“Sementara kita susun draft SOP-nya. Terkait ambulans apung, kita namakan begitu. Kita sementara koordinasi dengan Dishub terkait standar-standar kelautan dan perkapalan juga. Selama ini kan di Indonesia belum ada standar mengenai pelayanan gawat darurat ambulans apung kan.” Ketua IDI Sulsel, dr. Muhammad Ikhsan Mustari.

NEWSURBAN.ID – Pemprov Sulsel melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) telah menggandeng Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Sulsel untuk menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) fasilitas kesehatan terkait ambulans laut.

Ketua IDI Sulsel, dr Muhammad Ikhsan Mustari mengatakan, sebagai leading sector penyusunan draft SOP ambulans laut, pihaknya juga menggandeng instansi terkait. Misalnya Dinas Perhubungan (Dishub) soal kelayakan kapal, Dinas Komunikasi dan Informasi terkait pola komunikasi pengelola, dan jajaran pemerintah kabupaten.

“Jadi sementara kita susun draft SOP-nya. Terkait ambulans apung, kita namakan begitu. Kita sementara koordinasi dengan Dishub terkait standar-standar kelautan dan perkapalan juga. Selama ini kan di Indonesia belum ada standar mengenai pelayanan gawat darurat ambulans apung kan,” papar Iksan.

Dia menyebut, penyusunan draft SOP ini sudah mencapai 80 persen.  Rencananya, draft tersebut akan diusulkan ke Gubernur Sulsel melalui Biro Hukum untuk dikaji lebih jauh. Jika dinilai matang, kemudian ditetapkan dalam Peraturan Gubernur (Pergub).

Iksan yang juga pelaksanan harian (Plh) Kepala Diskes Kesehatan Sulsel mengaku, sampai SOP ambulans laut ini rampung, fasilitas kesehatan itu belum bisa dioperasikan sementara. Dia berharap, SOP ini nantinya juga bisa menjadi pedoman nasional dalam penanganan kesehatan di kepulauan.

“Menurut saya di IDI seperti itu, karena kendala selama ini terkait ambulans apung seperti itu. Sudah dibeli, tapi belum ada pedoman yang mengikutinya, sehingga penggunaannya tidak ada petunjuk. Makanya dibuatkan untuk jadi pedoman nasional juga nantinya, karena kan belum ada itu di Indonesia,” terangnya.

Kepala Bidang Pelayanan Masyarakat Dinkes Sulsel ini menargetkan, September mendatang SOP ambulans laut sudah rampung. Untuk selanjutnya diikuti dengan fungsional fasilitas kesehatan tersebut. (ardi/rilis/newsurban.id)

Leave a Reply