Warga Minasa Upa Bangun Lapangan Olahraga Petanque

NEWSURBAN.ID – Tingginya antusias warga terhadap Petanque, maka Kelurahan Minasa Upa inisiatif mengembangkan jenis olahraga ini. Kini, warga telah mempunyai lapangan untuk olahraga Petanque ini, di di Taman Gosseng lingkungan Minasa Upa.

Lapangan tersebut diresmikan Minggu, 4 Agustus 2019 oleh Walikota Makassar diwakili Kepala Bidang Pembinaan Olahraga Dispora Kota Makassar Andi Akbar dan Wakil Ketua KONI Kota Makassar.  Peresmian Lapangan Petanque di Taman Gosseng, sekaligus mengukuhkan pengurus olah raga petanque wilayah Kelurahan Minasa Upa.

Akbar menjelaskan Petanque adalah suatu bentuk permainan olahraga yang tujuannya melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu yang disebut cochonet. “Kaki pelempar juga harus berada di dalam lingkaran kecil yang sudah ditentukan, Akbar menjelaskan.

Olahraga Petanque sendiri berasal dari Perancis. Di Perancis, olahraga ini sudah ada sejak sekitar tahun 1907-an. Hampir sebagian masyarakat Perancis memainkan olahraga tersebut.

Petanque pertama kali dipertandingkan di Indonesia pada ajang SEA Games tahun 2011 di Palembang. Di Indonesia terutama makassar, olahraga ini tergolong baru dan sedang mulai dikembangkan.

Kini Olahraga Petanque mulai di mainkan oleh masyarakat makassar walaupun masih banyak yang belum mengenal jenis olahraga ini, tapi antusias masyarakat akan olahraga ini sangat tinggi. (ardi/newsurban.id)

Leave a Reply