2021, iPhone Hadir dengan Face ID dan Touch ID di Bawah Layar

NEWSURBAN.ID – Tertinggal dari perangkat Android, Apple tak diam. Pabrikan smartphone asal Amerika tersebut bakal meluncurkan dua metode otentikasi biometrik pada ponsel iPhone.

Analis Apple populer, Ming-Chi Kuo, dikutip dari laman GSM Arena, memprediksi iPhone pada 2021 akan memiliki dua fitur canggih.

Dia menyebutkan, perusahaan raksasa AS itu akan menyimpan Face ID dan juga menghidupkan kembali Touch ID dalam bentuk pembaca sidik jari di bawah layar. Apple sendiri dikenal tidak selalu menjadi yang pertama untuk mengimplementasikan sebuah fitur.

Sebagai tebusan keterlambatan itu, mereka menunggu teknologinya matang terlebih dahulu. Sehingga dapat menawarkan lebih banyak pengalaman pengguna yang dipoles lebih baik lagi ketimbang handphone kompetitor.

Teknologi sidik jari dalam layar baru-baru ini mulai terasa sebanding dengan yang konvensional. Jadi masuk akal bagi Apple untuk menggunakannya suatu saat nanti.

Kuo menuturkan, ada beberapa masalah utama yang perlu diselesaikan Apple sebelum membuat langkah tersebut. Yaitu, konsumsi daya, ukuran area penginderaan, ketebalan modul, dan tingkat hasil produksi dari proses laminasi.

Analis itu percaya masalah-masalah di atas bisa dituntaskan dalam waktu 18 bulan ke depan. Apple kemungkinan menggunakan teknologi sidik jari ultrasonik Qualcomm ketika waktunya tepat, dan pada saat itu seharusnya fitur berfungsi sebagaimana keinginan Apple.

Ming-Chi Kuo menambahkan, model Apple Watch di masa depan bisa mengadopsi teknologi untuk keamanan ekstra. Tetapi sejauh ini tidak ada bukti kuat sehubungan prediksi tersebut. (*/ardi/newsurban.id)

Leave a Reply