Tingkatkan Pelayanan, Ombudsman-Pemkot Perkuat Sinergi

Ombudsman adalah mitra pemerintah dalam peningkatan pelayanan. Ombudsman bukan pengawas namun berperan sebagai mitra yang menerima aduan masyarakat terkait pelayanan.

NEWSURBAN.ID – Ombudsman Kota Makassar telah memberi kontribusi pada peningkatan pelayanan. Itu terlihat pada grafik pencapaian layanan yang terus naik.

Meski demikian Pemkot dan Ombudsman masih terus mematangkan sinergi. Peningkatan kerja sama kedua pihak dilakukan dalam pertemuan, Jumat (16/08/2019).

Meskipun Ombudsman Kota telah berkontribusi pada kinerja pelayanan Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) ternyata masih banyak yang tidak memahami. Ada SKPD yang menganggap keberadaan Ombudsman bukanlah sebagai mitra melainkan pengawas.

Ketidakpahaman menjadi dasar tim Ombudsman Makassar melakukan pertemuan dengan Pemkot Makassar. Tim ombudsman terima Sekretaris Daerah Kota Makassar M Ansar di Ruang Rapat Sekda lantai 9, Balai Kota, Jumat (16/8/2019).

Pertemuan berkemas silaturahmi tersebut, Ombudsman memaparkan program kerjanya yang tetap fokus pada tugasnya sebagai social control di masyarakat. Menerima aduan warga untuk selanjutnya diteruskan ke pihak terkait agar solusi dari keluhan tersebut bisa segera teratasi.

Bak gayung bersambut, Sekda Kota Makassar  M Anshar menyambut baik dan berharap agar Ombudsman tetap menjadi mitra terbaik Pemkot Makassar demi peningkatan kualitas pelayanan masyarakat.

“Ombudsman itu bukan pengawas. Ombudsman itu mitra. Mereka menampung saran maupun keluhan masyarakat lalu akan disampaikan ke pihak terkait,” jelas Ansar.

Dia berharap seluruh SKPD lingkup Pemkot Makassar tidak perlu takut pada Ombusdman. “Ini akan membantu mengkoreksi kinerja kita di lapangan. Semua SKPD harus bersinergi dengan Ombudsman demi mencapai misi bersama yakni peningkatan pembangunan dan pelayanan masyarakat,” ungkap Ansar. (rilis/ardi)

Leave a Reply