PDIP, PKS, PAN Tolak Usul Pemakzulan Gubernur Sulsel

“PKS, PDIP PAN (tidak menyetujui rekomendasi pemakzulan). Yang lain menyerahkan ke fraksinya.” Politikus PAN, Anggota Pansus Hak Angket Ariady Arsal.

NEWSURBAN.ID – Tiga partai menyatakan menolak Pemakzulan gubernur Sulsel yang menjadi salah satu poin rekomendasi Pansus Hak Angket ke DPRD Sulsel.

Politikus PKS yang juga Anggota Pansus Hak Angket Ariady Arsal menyebut pemakzulan Nurdin baru bisa dilakukan jika paripurna DPRD Sulsel menyetujui. Namun, menurutnya, proses untuk mendapatkan persetujuan masih panjang.

“Yang jelas begini, panitia angket itu sudah menyampaikan laporan lengkap, salah satunya masuk ke pemakzulan,” kata Ariady kepada wartawan.

Semua laporan itu, lanjut dia baru bisa dinyatakan jalan kalau itu sudah diterima resmi oleh DPRD. “Ini kan belum selesai. Kalau selesainya di panitia, itu pun kan ada pandangan berbeda. Kaya saya di PKS, PDIP, PAN menyatakan tidak ikutan di sana,” imbuhnya.

Ariady memaparkan rekomendasi Pansus Hak Angket nantinya akan dilaporkan ke pimpinan DPRD Sulsel, baru kemudian diteruskan ke paripurna. Nanti, pimpinan DPRD akan menentukan apakah rekomendasi pemakzulan itu diteruskan ke paripurna atau tidak.

Politikus PDIP Rudy Pieter Goni juga menyatakan partainya menolak rekomendasi pemakzulan. Begitu juga PAN.

Sebelumnya diberitakan, pemakzulan Gubernur Nurdin Abdullah ke Mahkamah Agung (MA) merupakan salah satu rekomendasi Pansus Hak Angket. Isi rekomendasi lainnya adalah mengusulkan kepada penegak hukum, seperti Kejaksaan, Kepolisian, dan KPK, untuk mengkaji dugaan pelanggaran pidana yang terjadi. (ardi/newsurban.id)

Leave a Reply