Menpan RB Pastikan 800.000 ASN Pusat Siap Pindah ke Kalimantan

Ada sekitar 800.000 ASN yang akan berpindah kantor bila ibukota negara sudah resmi dipindah ke Kalimantan.

Newsurban.id – Pemindahan ibu kota negara akan diikuti dengan berpindahnya aparatur sipil negara (ASN) pemerintah pusat.

Hal itu disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin, di Jakarta, Rabu (21/8).

Menurut Syafruddin berdasarkan data, ada sekitar 800.000 ASN yang berada di pemerintah pusat. Jika ibu kota negara sudah resmi dipindahkan ke Kalimantan, maka seluruh ASN pusat akan ikut berpindah.

“ASN pusat sudah ada datanya tinggal ibukotanya di mana, tinggal pindah. Ya kurang lebih hampir satu juta (orang ASN), sekitar 800.000 (orang ASN),” kata Syafruddin usai meluncurkan program Double Degree Peningkatan Kapasitas ASN di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (21/8).

Dia menuturkan, para ASN mau tidak mau harus ikut berpindah kantor karena kementerian dan lembaga tempat mereka bekerja juga akan ikut pindah.

Syafruddin juga memastikan tidak ada ASN yang menolak ikut pindah ibukota negara. Ia menyebut, pemerintah juga siap memberikan insentif bagi para ASN bila ibukota benar-benar pindah.

“Tidak ada yang menolak, mau semua, siapa bilang ada yang nolak? Tidak ada, tidak ada yang nolak. Tidak ada yang nolak, orang saya menteri saja mau,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi sudah secara resmi menyatakan rencana pemindahan ibu kota ke Kalimantan. Rencana ini disampaikan dalam pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD-DPR pada 16 Agustus 2019.

Jokowi mengatakan, rencana pemindahan ibu kota dilakukan demi pemerataan. Selain itu, Jokowi juga menyatakan bahwa program ini tidak akan menggunakan dana besar yang bersumber dari APBN. (ardi/newsurban.id)

One thought on “Menpan RB Pastikan 800.000 ASN Pusat Siap Pindah ke Kalimantan

  1. Pingback: Survei: Mayoritas Warga Setuju Pemindahan Ibu Kota Indonesia | Newsurban

Leave a Reply