Begini Dua Versi Hasil Paripurna Pansus Angket Gubernur Sulsel

Keputusan hasil rapat paripurna DPRD Sulsel yang membahas rekomendasi pansus angket simpang siur. Ada dua versi yang beredar. Satu berisi rangkuman dan versi lainnya dokumen seluruh hasil pansus angket.

NEWSURBAN.ID – Wakil Ketua DPRD Sulsel Ni’matullah heran dengan beredarnya dua versi rekomendasi Pansus Angket yang diputuskan dalam rapat paripurna. Menurut dia, hasil rapat pimpinan dewan dengan pansus sebelum paripurna digelar telah disepakati satu poin rekomendasi saja, dan Kadir Halid sebagai pimpinan Pansus juga disebut ikut menyepakati.

“Ini (1 poin rekomendasi) yang disepakati oleh semua fraksi dalam rapim tadi sebelum Jumaat, dan juga disetujui oleh pimpinan Pansus (Kadir Halid). Sehingga bisa terlaksana rapat paripurna siangnya,” jelas Ni’matullah, Jumat, 23 Agustus.

Hal serupa juga disampaikan anggota pansus hak angket, Alimuddin. Dia menyebut tidak ada rekomendasi versi lain. “Itu kalimat kesimpulan dan rekomendasi yang disepakati,” katanya.

Secara terpisah, sebelumya Kadir Halid tetap kukuh bertahan soal 7 poin rekomendasi yang disampaikannya adalah yang paling benar.

Ada versi hasil paripurna yang diteken dua Wakil Ketua Pansus Angket, Selle KS Dalle dan Arum Spink, beredar. Dalam draft ini, Ketua Pansus Kadir Halid tidak membubuhkan tanda tangan.
A. Kesimpulan
1. Ada dualisme kepemimpinan dalam pemerintahan provinsi Sulawesi Selatan.

2. Ada dugaan kuat, berdasarkan indikasi yang ditemukan dalam penyelidikan dan fakta-fakta persidangan panitia khusus angket telahememukam telah terjadinya pelanggaran ketentuan peraturan dan perundang-undangan, serta adanya potensi kerugian negara.

B. Rekomendasi
Menyampaikan laporan ini tentang kesimpulan dan temuan-temuan dari panitia angket ke Pimpinan DPRD Provinsi Sulawesi Selatan untuk ditindaklanjuti kepada pihak-pihak yang terkait yang dianggap perlu dan berwenang sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Versi awal yang diteken Ketua Pansus Kadir Halid dan dua Wakil Ketua masing-masing Selle KS Dalle dan Arum Spink juga beredar. Versi ini antara lain berisi seluruh fakta dan hasil-hasil sidang pansus. Di bagian akhir dari versi ini memuat 5 poin kesimpulan, dan 7 poin rekomendasi.

Arum Spink yang dihubungi via WhatsApp menjelaskan, bila didalami, dua versi ini sama. Versi yang sudah diteken Kadir Halid berisi penjabaran keseluruhan fakta dan proses sidang pansus angket. Versi lainnya yang belum diteken Kadir Halid dan baru diteken dua Wakil Ketua Selle KS Dalle dan Arum Spink merupakan ringkasan dari versi pertama.
 (mjs/newsurban.id)

Leave a Reply