Mobil Menteri Jokowi-Ma’ruf Toyota Crown G-Executive

Menteri negara/setingkat menteri menggunakan mobil dinas Toyota Crown 2.5 HV G-Executive. Kepastian itu setelah PT Astra International Tbk (ASII) memenangkan tender pengadaan mobil pemerintah.

Newsurban.id – Pengadaan ini dilakukan pada 19 Maret 2019 lalu, dengan pagu paketnya senilai Rp152,5 miliar. Setelah Astra dinyakan menang produsen mobil asal Jepang itu akan menggantikan Toyota Crown Royal Saloon yang dalam beberapa tahun terakhir digunakan anggota kabinet.

Asisten Deputi Humas Kementerian Sekretariat Negara Eddy Cahyono Sugiarto melalui keterangan tertulis, Jumat (23/8/) menyebutkan, model yang akan disediakan Astra untuk menggantikan Crown Royal Saloon adalah Toyota Crown 2.5 HV G-Executive.

“Diperoleh Toyota Crown 2.5 HV G-Executive sebagai pengganti Toyota Crown Royal Saloon,” katanya.

Menurut Eddy, pengadaan mobil dinas itu dilakukan karenak usia kendaraan telah lebih dari 10 tahun. Sementara, untuk pengadaan mobil dinas baru terakhir dilakukan pada tahun 2005 dan 2009.

“Kendaraan dinas yang VVIP Kepresidanan dan para menteri, pejabat setingkat menteri, pimpinan lembaga negara, mantan presiden, dan mantan wakil presiden, mayoritas telah berusia lebih dari 10 tahun,” kata Eddy.

Eddy menjelaskan mobil dinas yang sekarang digunakan membutuhkan biaya perawatan yang tinggi sehingga perlu diremajakan dengan pertimbangan teknis, berbagai pertimbangan teknis.

Ia menyebutkan, pertimbangan mulai dari faktor keamanan, keandalan, dan biaya pemeliharaan yang semakin mahal karena usia pemakaian. Dengan pertimbangan teknis tersebut, lanjutnya, maka pengadaan mobil dinas baru dilakukan.

“Sebagian besar saat ini kondisinya sering mengalami kerusakan dan tidak efisien, serta tidak layak untuk dipergunakan bagi pejabat negara,” ujar Eddy. (ardi/newsurban.id)

Leave a Reply