Mulai Berlaku, Ini Tarif Baru Gojek dan Grab

Tarif baru dua aplikator berbagi tumpangan Gojek dan Grab akan mulai berlaku pada Senin 2 September 2019, alias besok. Tarif baru ini tertuang dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 348 tahun 2019.

NEWSURBAN.ID – Tarif baru dua aplikator transportasi umum di Indonesia akan berlaku hingga 224 kota seluruh Indonesia. Gojek akan memberlakukan tarif baru ojek online (ojol) di 221 kota, sedangkan Grab akan menerapkan di 224 kota.

Penerapan tarif baru ini mendapatkan penolakan dari banyak pengguna ojek online. Penolakan ini karena, tarif Gojek dan Grab dinilai akan semakin mahal.

Seorang pengguna ojol Firman kepada newsurban.id, mengatakan keberatan dengan tarif yang diberlakukan sekarang. Apalagi dia mengaku cukup sering mengandalkan ojol untuk bekerja.

“Dalam sehari bisa habis Rp25 ribu sampai Rp40 ribu, bagaimana kalau udah naik,” kata  Firman (30) yang bekerja di salah satu perusahaan swasta di Makassar dengan mobilitas tinggi.

Pengguna setia Gojek dan Grab lainnya menilai, tidak masalah naik jika masih tetap diberikan promo. Promo dinilai akan sangat membantu dalam menggunakan transportasi online tersebut.

“Pasti mahal, tarif sekarang saja sudah mahal. Semoga banyak diskon,” ujar Erwin (33) yang juga pelanggan setia Gojek dan Grab.

Sebagai informasi, dalam keputusan tarif baru ini, ada dua komponen penyusun tarif ojek online. Pertama, biaya langsung yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan biaya tidak langsung yang ditetapkan aplikator dengan besaran maksimal 20% dari total biaya langsung.

Sebelumnya, sudah dilakukan uji coba tarif baru ini sejak 1 Mei 2019. Uji coba ini dilakukan di 8 kota di Indonesia. Selanjutnya, pelaksanaannya dilakukan bertahap dan dipastikan akan mulai berlaku esok hari.

BERIKUT TARIF OJOL BERDASARKAN ZONA:

Zona I (Sumatra, Jawa, Bali kecuali Jabodetabek): Rp 1.850-2.300 per km dengan biaya minimal Rp 7.000-10.000

Zona II (Jabodetabek): Rp 2.000-2.500 per km dengan biaya minimal Rp 8.000-10.000

Zona III (Kalimantan, Sulawesi, NTT, Maluku, dan lainnya): Rp 2.100-2.600 dengan biaya minimal Rp 7.000-10.000.

Bagaimana pengawasannya? Kemenhub akan menggandeng 25 Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) di seluruh Indonesia dan Dinas Perhubungan (Dishub) setempat. (ardi/*)

One thought on “Mulai Berlaku, Ini Tarif Baru Gojek dan Grab

  1. Pingback: Dikabarkan Gojek dan Tokopedia Akan Merger? | Newsurban

Leave a Reply