TPA Makassar Dikepung Api, Empat Blok Terbakar

Empat blok Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Makassar terbakar hebat. Hingga Minggu (15/9/2019) malam, api masih mengepung TPA yang berlokasi di Kelurahan Antang, Kota Makassar tersebut.

NEWSURBAN.ID – Api melalap TPA Makassar sejak pukul 13.30 Wita siang. Si Jago Merah terus berkobar hingga kini terus meluas empat blok.

Komandan Regu Damkar Muhuammad Hidayatullah, mengatakan, tumpukan sampah yang sudah mengering membuat kobaran api meluas begitu cepat. “Kebakaran sudah terjadi di 4 blok,” kata Hidayatullah, Minggu (15/9/2019).

Kebakaran yang semakin lebat membuat sejumlah pemulung yang sedang beraktivitas di area ini panik dan berusaha menyelamatkan barang bekas yang mereka kumpulkan.

Ratusan ekor sapi yang kerap digembalakan di area TPA ini juga langsung dievakuasi. Bahkan, satu ekor sapi dilaporkan sempat terperosok ke area dekat titik api.

“Di sini memang tempatnya sapi-sapi cari makan, kebetulan pas kita datang tadi, ada sapi terperosok ke parit dekat api, susah keluarnya,” kata Hidayatullah.

Namun kata Hidayatullah sapi tersebut dapat dievakuasi petugas Resque Damkar yang segera menyusul ke lokasi. Sapi tersebut dievakuasi menggunakan alat berat esvakator.

“Tadi ada dari tim (animal) resque kita panggil, dibantu warga dan eskavator, sambil kita siram, alhamdulillah kita evakuasi,” sebut Hidayatullah.

Petugas Damkar lainnya, Gunawan mengatakan, kebakaran di area TPA ini merupakan yang terbesar belakangan ini. “Setiap tahun ini memang kebakaran, tapi ini yang paling besar. Air saja kita sudah 10 tangki kita pakai, belum padam,” ucapnya.

Beberapa waktu lalu, TPA ini juga terbakar dan asapnya mengepung sebagian Kota Makassar. Kali ini, kebakaran yang terjadi dianggap paling dahsyat dibanding sebelumnya. (*)

Leave a Reply