UQ, Jurnalis Senior Smart, dan Kaya Ide

“Perjuangan ini tidak pernah selesai dan harus terus diperjuangkan.”
Dr. Sukriansyah S Latief SH MH
Calon Walikota Makassar 2020 – 2025

Sukriansyah S Latief (UQ)

NEWSURBAN.ID – Sukriansyah S Latief atau akrab disapa UQ adalah sosok pekerja keras, kaya ide dan selalu bertindak smart.

Dia adalah jurnalis senior yang tak pernah berhenti belajar dan berkarya. Baginya, perjuangan tidak pernah selesai dan harus terus diperjuangkan.

UQ aktif dalam dunia jurnalis, sekaligus berperan dalam sejumlah organisasi. Ia pun aktif membantu pemerintah memecahkan masalah bangsa.

Sukriansyah lahir di Ujung pandang, tanggal 30 Agustus 1969. Ia meraih gelar sarjana Hukum dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar pada tahun 1998. Meraih gelar Magister Hukum dari Universitas Indonesia dan gelar Doktor bidang Hukum dari Universitas Hasannuddin, Makassar.

Sebelum mengemban amanah sebagai Staf Khusus Menteri Pertanian RI Bidang Kebijakan pada Kabinet Kerja Jokowi-JK serta Komisaris Pupuk Indonesia Holding, UQ Sukriansyah merupakan jurnalis senior koran Harian Fajar hingga kariernya mencapai puncak sebagai Pemimpin Redaksi (Pimpred) di Koran terbesar di Indonesia Timur tersebut.

Di samping itu, UQ juga pernah menjadi wartawan Majalah Tempo yang kala itu dipimpin Goenawan Mohamad serta Kepala Biro Majalah Forum Keadilan yang dikomandani Karni Ilyas.

Kiprahnya di dunia jurnalis membentang jauh hingga menjabat Direktur Produksi dan SDM koran Fajar, Direktur Umum Fajar hingga saat ini tercatat sebagai Komisaris Fajar Group.

Jejak sejarahnya dalam dunia pers Indonesia  dan dunia intelektual memang dengan mudah ditemukan. Sebagai ketua Aliansi Jurnalistik Indonesia (AJI) pertama Makassar, menjadi Presidium AJI Pusat, menulis dan menjadi editor beberapa buku.

Di dunia pendidikan, UQ saat ini tercatat sebagai pengajar di Yayasan Universitas Fajar dan juga pernah mengajar di Pasca Sarjana Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Hingga saat ini UQ terus merawat komitmennya untuk memperjuangkan kebebasan pers, mengangkat harkat, martabat wartawan, dan kesejahteraan wartawan. Lebih luas lagi, UQ Sukriansyah terus menjadi sosok yang bisa bermanfaat bagi sesama.

Berbagi kebaikan serta mewakafkan diri untuk kemaslahatan orang banyak. Dengan filosofi hidup “jangan menyakiti orang lain dan berusaha bermanfaat bagi sesama”, menjadikannya tokoh muda nasional yang terus melejit dalam karier dan pengabdian serta amanah yang dipercayakan padanya.

Kini, UQ kembali berjuang untuk memimpin Kota Makassar. Ia bakal calon yang sangat serius untuk maju di Pilwali Makassar 2020.

Gerakannya tak pernah surut. Tim relawannya pun terus bertambah di setiap kecamatan. UQ berobsesi menjadikan Kota Makassar jauh lebih baik, nyaman, aman, dan seluruh masyarakatnya sejahtera.

Tak salah tim relawannya mengajak warga kota ini menjadi bagian dari UQ Mo. Tokoh muda ini sangat inspiratif dan kaya ide untuk kemajuan. (newsurban.id)

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Nama                           : Dr. Sukriansyah S. Latief, SH. MH
Tempat/Tgl Lahir         : Makassar, 30 Agustus 1969
Alamat Rumah Dinas : Jl. Jagakarsa II No 2 Kompleks Departemen Pertanian Jakarta Selatan
Alamat Kantor              :  Jl. Harsono Kantor Kementerian Pertanian Ragunan Jakarta Selatan
E-mail:                         : [email protected]

Pekerjaan                     :
1. Staf Khusus Menteri Pertanian Bidang Kebijakan
2. Komisaris PT. Pupuk Indonesia Holding Company
3. Komisaris PT Media Fajar Holding Company

Pendidikan Terakhir:
Doktor Bidang Ilmu Hukum PPs Universitas Hasanuddin, Makassar. (*)

 

Leave a Reply