Tutup Usia, Mayjen TNI (Purn) HZB Palaguna Dimakamkan di Lapri Bone

Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. H. M. Nurdin Abdullah melayat ke rumah duka almarhum Mayjen TNI Purn H. Zainal Basri Palaguna mantan Gubernur Sulsel ke-5.

Mayjen TNI (Purn) H Zainal Basri Palaguna, dimakamkan dekat dengan makam orang tuanya di Lappa Riaja (Lapri), Kabupaten Bone, Kamis (3/10/ 2019).

NEWSURBAN.ID, MAKASSAR – Gubernur Sulsel dua periode (1993-2003), H Zainal Basri Palaguna, meninggal dunia, Rabu (2/10/2019) sekitar pukul 16.15 Wita.

Zainal Basri Palaguna juga adalah mantan Ketua DPD PDIP Sulsel dan terakhir menjadi Dewan Pertimbangan Pusat DPP PDIP.

Diketahui Zainal Basri merupakan purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir bintang dua atau Mayor Jenderal (Mayjen).

Foto keluarga Mayjen TNI (Purn) HZB Palaguna.

Ia Lahir di Enrekang, Sulawesi Selatan, pada 9 Maret 1939. Dia menjabat Gubernur Sulawesi Selatan pada 1993 hingga 2003. Menggantikan Gubernur Sulawesi Selatan sebelumnya, yakni Ahmad Amiruddin.

Dia tokoh militer dan politik yang mengantar reformasi Indonesia khususnya di Sulsel. HZB Palaguna ikut berjaza menjaga kondunsifnya reformasi hingga seperti sekarang.

Menantu Zainal Basri Palaguna, Juniar Arge, menyampaikan, proses pemakamannya sedang diurus. Dua orang anaknya juga masih ditunggu datang. Satu dari Jakarta dan satu lagi dari Bandung.

Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. H. M. Nurdin Abdullah (NA) sangat merasa kehilangan atas wafatnya Gubernur Sulsel ke-5 Mayjen TNI (Purn) H. Zainal Basri Palaguna.

“Sebagai orang Sulawesi Selatan, kita semua merasa kehilangan atas kepergian almarhum. Beliau adalah sosok tokoh panutan bagi kita semua,” ungkap Prof. Nurdin dengan nada rendah dan bersedih, Rabu malam (2/10).

Menurut guru besar Unhas Makassar ini almarhum Mayjen TNI Purn H. Zainal Basri Palaguna merupakan pemimpin pendahulu, dimana peranannya sebagai Gubernur Sulawesi Selatan yang ke-5 dan tentunya banyak jasa-jasa almarhum yang telah diberikan untuk Sulawesi Selatan.

“Karya-karya dan jasa-jasa beliau selama menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Selatan luar biasa untuk kita semua,” urainya.

Mantan Bupati Bantaeng dua periode ini juga berharap kepada seluruh masyarakat dan elemen di Sulsel agar sama-sama mendoakan almarhum. “Mari kita sama-sama mendo’akan almarhum,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply