Bupati Lampung Utara Bersama 3 Orang Terjaring OTT KPK

Wakil Ketua KPK Laode M Syarief

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Bupati Lampung Utara bersama tiga koleganya. Keempatnya terjaring dalam operasi tangkap tangan (OTT).

NEWSURBAN.ID – KPK melakukan operasi di sejumlah lokasi di Lampung, Minggu (6/10/2019). Dalam operasi itu, empat orang diamankan, salah satunya Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara.

Empat orang yang diamankan KPK sejak sore hingga malam ini, yaitu Bupati, 2 Kepala Dinas, dan 1 orang perantara,” ujar Wakil Ketua KPK Laode M Syarief, Minggu (6/10) malam.

Laode mengatakan, OTT itu dilakukan setelah pihaknya mendaat informasi mengenai transaksi uang. Informasi itu juga menyebut bakal uang itu ditujukan untuk Agung. “Diduga ada penyerahan uang yang diperuntukkan pada Kepala Daerah setempat,” ujarnya.

Belum diketahui pasti terkait proyek apa uang itu diberikan kepada Agung.

DIBAWA KE JAKARTA
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan membawa para pihak yang diamankan dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Lampung, ke Jakarta pada Senin (7/10).

“Direncanakan pihak yang diperlukan akan dibawa besok (Senin) ke Jakarta,” ujar Wakil Ketua KPK Laode M Syarief.

Mereka dibawa ke Jakarta untuk pemeriksaan lebih lanjut di markas lembaga antirasuah. KPK punya waktu 1 x 24 jam untuk menentukan status para pihak yang terjaring, apakah naik ke penyidikan menjadi tersangka, atau sebatas saksi.

“Sebagaimana hukum acara yang berlaku, maka KPK akan memproses lebih lanjut pihak-pihak yang diamankan tersebut. Dalam waktu paling lama 24 jam akan ditentukan status hukum perkara dan orang-orang yang diamankan,” ujarnya.

Laode menambahkan, pihaknya akan menggelar konferensi pers terkait penanganan perkara OTT ini pada Senin ini. “Informasi lebih lanjut tentang penanganan perkara ini akan disampaikan melalui konferensi pers di KPK besok Senin,” ujar dia.

Dalam OTT itu, sejumlah barang bukti turut diamankan, salah satunya uang yang belum diketahui berapa jumlahnya. Menurut Laode, uang itu diduga untuk Agung selaku kepala daerah. “Diduga terkait proyek di Dinas PU atau Koperindag di Kabupaten Lampung Utara,” kata Laode M Syarief. (*)

Leave a Reply