Presiden Janji Ada Orang Asli Papua Masuk Kabinet

Presiden RI Joko Widodo meminta penundaan terhadap penetapan Rancangan KUHP, Jumat (20/9/2019).

Presiden RI Joko Widodo

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan sudah selesai menyusun kabinet untuk periode 2019-2024. Jokowi menyebut dalam kabinetnya ada wakil dari Papua.

NEWSURBAN.ID – Jokowi memastikan orang asli Papua akan kembali menjadi menteri dalam kabinet pada periode kedua kepresidenannya. Namun, Jokowi masih enggan menyebut siapa sosok dan berapa orang Papua yang dirinya angkat menjadi menteri.

“Saya pastikan ada. Saya pastikan ada. Nanti dilihat,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (11/10).

mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta itu menyatakan sudah selesai menyusun kabinet untuk periode 2019-2024. Namun Jokowi menyebut kemungkinan perubahan menjelang pelantikan masih terbuka.

“Ya mungkin ada pertimbangan masih bisa berubah,” ujarnya, seraya membenarkan perubahan kabinet karena pertimbangan usai bertemu Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Dalam Kabinet Kerja periode 2014-2019, sosok menteri yang merupakan orang asli Papua adalah Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise.

Presiden terpilih itu mengatakan pengumuman kabinet barunya nanti bisa dilakukan usai pelantikan pada 20 Oktober atau sehari setelah pelantikan. Jokowi dan wakil presiden terpilih Ma’ruf Amin sudah mempersiapkan semuanya.

“Mungkin bisa dihari yang sama dengan pelantikan, mungkin sehari setelah pelantikan. InsyaAllah semua akan kami siapkan,” tuturnya. (*)

Leave a Reply