Pemkot Palu Lakukan Sosialisasi Perpres Satu Data Indonesia

Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Palu, Moh Rivani S.Sos M.Si mewakili Walikota Palu menghadiri sekaligus membuka sosialisasi Perpres No.39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia dan pelaksanaan sensus penduduk 2020. (FOTO YUSUF)

Kota Palu mulai melakukan sosialisasi Perpres No.39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia dan sensus penduduk 2020. Perpres tersebut bertujuan memperoleh data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses, dan dibagipakaikan.

NEWSURBAN.ID, PALU – Walikota Palu diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Palu, Moh Rivani S.Sos M.Si menghadiri sekaligus membuka kegiatan sosialisasi Perpres no 39 tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia dan pelaksanaan sensus penduduk 2020.

Sosialisasi Perpres No.39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia di Kota Palu, Senin (14/10/2019). (FOTO YUSUF)

Sosialisasi dilaksanakan di ruang rapat bantaya Kantor Walikota Palu pada Senin (14/10/2019). Hadir dalam acara sosialisasi tersebut, Kepala Dukcapil kota palu, Rosida Thalib, Kadis kominfo kota palu, Ichsan Hamzah, Kadispora kota palu, Drs Andi Sumardi M.Si,  Kepala BPS Kota Palu, Ir Sutrisno S Abusungut M.Si, sejumlah instansi terkait, camat dan lurah se kota palu.

Dalam sambutan yang disampaikan Asisten 1 pemkot palu bahwa tujuan dari dikeluarkannya Perpres No.39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia ini adalah untuk memperoleh data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses, dan dibagipakaikan.

Sehingga diperlukan perbaikan tata kelola Data yang dihasilkan oleh pemerintah melalui penyelenggaraan Satu Data Indonesia, pemerintah memandang perlu adanya ketentuan yang mengatur mengenai Satu Data Indonesia.

Satu Data Indonesia adalah kebijakan tata kelola Data pemerintah untuk menghasilkan Data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar Instansi Pusat dan Instansi Daerah melalui pemenuhan Standar Data, Metadata, Interoperabilitas Data, dan menggunakan Kode Referensi dan Data Induk. (*)

Leave a Reply