Eksotik, Tiga Rumah Panggung Swadaya Warga Pulau Lakkang

Penjabat Walikota Makassar Iqbal Suhaeb dan Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo sumringah menyaksikan homestay berupa rumah panggung berbahan bambu di Pulau Lakkang. (MAKASSARKOTA.GO.ID)

Penjabat Walikota Makassar Iqbal Suhaeb bersama Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo memberi apresiasi kepada warga Lakkang atas inisiatifnya secara swadaya membangun rumah panggung. Bangunan itu tampak eksotik dan memiliki daya tarik wisata.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Tiga rumah panggung itu diresmikan Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb, Senin (2/12). Peresmian dihadiri  Ketua DPRD Kota Makassar Rudianto Lallo, Kadis Perikanan dan Pertanian Rahman Bando, Kadis PTSP Andi Bukti Jufri, Kadis Perumahan Faturahman Rahim, Camat Tallo Zainal Andi Takko  serta Lurah se Kecamatan Tallo.

Iqbal mengatakan, memberi apresiasi atas hasil swadaya tersebut. Secara khusus Iqbal juga memberi apresiasi kepada balai Litbang Perumahan Wilayah lll Kementerian PUPR yang telah memasukkan program kegiatannya di Pulau Lakkang .

Iqbal berharap pembangunan rumah secara swadaya ini, dapat meningkatkan kualitas perumahan di Lakkang. Apalagi Lakkang termasuk dalam kawasan wisata.

“Dengan adanya percontohan model rumah panggung yang bahan utamanya asli dari bambu bisa menunjang pariwisata karena dapat dijadikan homestay bagi wisatawan yang mengunjungi pulau Lakkang,” jelas Iqbal.

Tak hanya itu. Iqbal juga mengapresiasi Litbang Perumahan Wilayah lll melaksanakan program pelatihan pengelolaan tanaman bambu yang banyak tumbuh di pulau Lakkang.

Dia mengharapkan setelah pelatihan pengelolaan bambu, bukan saja memperbaiki rumah bambu melainkan nanti bisa membuat papan-papan dari bambu maupun kerajinan lainnya dari bambu.

Program pembangunan rumah panggung secara swadaya ini diharapkan berkesinambungan. “Pengelolaan yang baik dengan fasilitas nyaman dan bersih akan menjadi magnet bagi wisatawan. Apalagi pemesanan homestay ditawarkan melalui website semakin mudah diakses wisatawan,” tutur Iqbal.

Kepala Litbang Wilayah lll Sugeng Paryanto menambahkan, material utama tiga rumah panggung di Lakkang bersumber dari pulau itu. “Era modern, rumah tradisional  panggung sudah sangat jarang dibangun. Namun untuk menjaga tradisi budaya di pulau Lakkang kami memanfaatkan material di Pulau Lakkang untuk membangun tiga rumah panggung yang unik dan nyaman

Sementara Ketua DPRD Kota Makassar Rudianto Lallo mengharapkan peresmian tiga rumah panggung dari Litbang  Perumahan Wilayah lll, bisa menjadi pemicu terbangunnya puluhan homestay bernuansa tradisional.

“Nuansa tradisional tiga rumah panggung ini sangat kuat. Saya berharap ini menjadi pemicu  pembangunan puluhan rumah panggung untuk memikat wisatawan dan memberi nilai tambah perekonomian warga Pulau Lakkang selain dari sektor perikanan,” urai Rudianto. (*)

One thought on “Eksotik, Tiga Rumah Panggung Swadaya Warga Pulau Lakkang

  1. Pingback: Sekda Makassar Usul Daerah Buat Event Bersama Tour Jelajah Sulawesi | Newsurban

Leave a Reply