Pilkada 2020, Partai Hanura Buka Pendaftaran

Ketua DPD Partai Hanura Kaltara Ingkong Ala bersama Pimpinan DPC se Kalimantan Utara. (ist)

Tak ingin jadi penonton pada Pilkada 2020, DPD Partai Hanura Kalimantan Utara bakal melakukan penjaringan bakal calon kepala daerah. Penjaringan akan dilakukan untuk Pilgub dan Pilbup.

TANJUNG SELOR, NEWSURBAN.ID – Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kaltara mulai memanaskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) pada 2020 mendatang.

Hasil rapat koordinasi antara Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Hanura Kaltara dengan Dewan Pengurus Cabang (DPC) se-Kaltara, pada Minggu malam (1/12/2019), memutuskan Partai Hanura bakal membuka penjaringan bakal calon kepala daerah, baik gubernur, wakil gubernur maupun bupati dan wakil bupati di Kaltara.

Ketua DPD Partai Hanura Kaltara Ingkong Ala mengatakan, pihaknya membuka kesempatan seluas-luasnya bagi para kader Hanura, serta tokoh masyarakat yang ingin maju menjadi bakal calon gubernur Kaltara. Melalui penjaringan ini, dirinya berharap, figur yang diusung nantinya adalah bener-bener calon terbaik yang bisa membawa provinsi Kaltara semakin meningkat.

“Sesuai hasil rapat kordinasi yang kami laksanakan, pembukaan penjaringan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Kaltara, serta bupati dan wakil bupati yang ada di Kaltara, akan dimulai 2 Desember sampai 8 Desember 2019 mendatang. Siapa saja, Warga Negara Indonesia yang ingin mendaftar silakan. Ini terbuka untuk umum. Bebas bagi putra putri terbaik Kaltara bisa bergabung di Partai Hanura,” ungkap Ingkong Ala.

Ingkong mengatakan, pihaknya baru bisa melaksanakan penjaringan calon Kepala Daerah saat ini, dikarenakan menunggu intruksi dan arahan dari DPP Partai Hanura. Pelaksanaan penjaringan dilakukan sesuai dengan Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) maupun Petunjuk Teknis (Juknis) dan juga peraturan organisasi Partai Hanura.

“Walau tergolong lambat dibandingkan dengan partai lain, kami percaya putra putri terbaik Kaltara lah yang nantinya akan kami usung. Baik itu dari kader, maupun luar kader Partai Hanura. Tentunya semua harus melalui verifikasi dan PO partai yang telah ditetapkan,” ungkapnya.

Perlu diketahui, Partai Hanura hingga saat ini dipercaya telah sukses mengusung Putra Putri Terbaik Daerah. Hal tersebut terbukti dari hasil Pemilu serentak tahun 2019, Partai Hanura Kaltara masuk dalam tiga besar partai yang paling banyak mendulang suara di Kaltara. Sehingga di DPRD Kaltara, partai ini mampu menempatkan lima wakilnya dan menduduki kursi wakil ketua.

“Belum lagi melihat track record kesuksesan Partai Hanura dalam membina Calon Kepala Daerah yang ada di Kaltara. Terbukti beberapa Kepala Daerah di Kabupaten Kota se Kaltara diusung oleh Partai Hanura. Sehingga kontribusi Partai Hanura sampai saat ini di daerah sudah tidak diragukan lagi,” kata Ingkong Ala optimis.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Penjaringan Calon Kepala Daerah pada Pilkada Serentak tahun 2020, Frengki Sofier menjelaskan, pendaftaran terbuka untuk umum. Sehingga semua tokoh maupun kader partai bisa mendaftar. Hal ini sesuai dengan amanah rapat kordinasi DPD Kaltara dan DPC Partai Hanura Kaltara.

“Kami membuka kesempatan ini kepada semuanya untuk bergabung kepada kami. Walau kami akui, beberapa orang sudah menyampaikan keinginan untuk mendaftarkan diri ke kami, namun masih bersifat lisan. Sehingga dengan momentum penjaringan ini, kami berharap bisa segera melengkapi berkas administrasi sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya akan membuka kepada semua pihak untuk mendaftar. Tidak ada perlakuan khusus dalam penjaringan calon ini. Sehingga putra putri terbaik lah yang nanti akan diusung.

“Semua pendaftar nanti akan melalui verifikasi yang telah disepakati Partai Hanura. Kami berharap dalam penjaringan ini akan banyak putra putri daerah terbaik bergabung bersama kami. Dengan harapan calon yang nantinya kami usung, benar-benar adalah sesuai keinginan seluruh rakyat Kaltara,” harapnya. (adi/*)

Leave a Reply