Walikota Palu Hidayat Serahkan Data Jadup Korban Gempa ke Kemensos

Walikota Palu Hidayat menyerahkan data jaminan hidup (Jadup) kepada Kementerian Sosial di Jakarta. Data tersebut diserahkan langsung Hidayat di Kantor Kemensos, Jakarta.

LIPUTAN: YUSUF
JAKARTA, NEWSURBAN.ID – Walikota Palu Hidayat didampingi Kepala Bappeda Kota Palu Arfan dan Kepala Dinas Sosial Kota Palu Romy Sandi Agung menyerahkan langsung data Jadup tahap lanjutan ke Kementerian Sosial RI di Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos RI Rachmat Koesnadi didampingi Kasubdit Pemulihan dan Penguatan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos RI Sunarti, merespons baik laporan data Jadup tahap lanjutan korban bencana Kota Palu.

Rachmat mengatakan, Kemensos sangat berterimakasih kepada Pemkot Palu di bawah kepemimpinan Hidayat yang memberi perlindungan kepada warganya. Dia mengharapkan, anggaran Jadup bisa dioptimalkan. Jadup kata Rachmat, tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk Kota Palu, kabupaten lain yang terdampak bencana juga bisa mengoptimalkan.

Dia lebih lanjut menjelaskan, setelah mempelajari data Jadup tahap lanjutan Kota Palu, Kemensos RI bisa menerima dari usulan awal Pemerintah Kota Palu sebanyak 39.137 jiwa, dan yang terealisasi dari Kemensos 36.970 jiwa. Sedangkan usulan-usulan tambahan gelombang VI sebanyak 3.127 jiwa juga segera diakomodasi oleh Kemensos.

Walikota Palu Hidayat, mengatakan, berterimakasih kepada Kemensos RI yang langsung merespons data Jadup tahap lanjutan Kota Palu ditamba lagi dengan data usulan tambahan gelombang IV juga bisa diterima dengan sangat baik.

Hidayat juga menyerahkan ke Kemensos, usulan daftar pengungsi baru penerima dana Jadup tahap II korban bencana alam gempa bumi, tsunami, dan likuifaksi di Kota Palu sebanyak 25.272 jiwa atau 6.627 KK dan telah ditetapkan dalam Keputusan Walikota Palu No. 160/914.a/Dinsos/2019 tanggal 26 November 2019 Tentang Data Penerima Jadup Korban Bencana Alam Kota Palu Tahap ke II Tahun 2019.

“Sampai saat ini ahli waris korban jiwa Kota Palu yang melengkapi persyaratan administrasi sebanyak 2.670. Untuk santunan duka pemerintah pusat telah mengalokasikan dana bantuan hibah luar negeri untuk korban jiwa bencana alam Kota Palu sebanyak 1.383 jiwa yang merupakan tahap 1. Dana bantuan hibah itu telah disalurkan kepada ahli waris korban jiwa,” tutur Hidayat.

Oleh karena itu, Pemkot Palu menyampaikan usulan kepada Kemensos santunan duka tahap II korban jiwa yang belum memdapatkan sebanyak 1.287 jiwa. Pihak Kemensos merespon usulan itu dan seger menindaklanjutinya.

Pertemuan Walikota Hidayat dan pihak Kemensos RI turut dihadiri pihak bank yang menjadi penyalur untuk warga penerima Jadup melalui rekening. (*)