Peduli Kesehatan, Dua Kelurahan Deklarasi Setop BAB Sembarangan

Sekkot Palu H Asri didampingi sejumlah pejabat bersama warga Kelurahan Birobuli Utara dan Birobuli Selatan melakukan deklarasi Setop Buang Air Besar Sembarangan di lapangan sepakbola Faqih Rasyid, Sabtu (7/12/2019). (FOTO: BIRO HUMAS PROTOKOL PEMKOT PALU)

Sadar akan pentingnya kesehatan dan kebersihan, dua kelurahan di Kota Palu melakukan deklarasi Setop Buang Air Besar Sembarangan.

LIPUTAN: YUSUF
PALU, NEWSURBAN.ID – Deklarasi Setop Buang Air Besar Sembarangan dilakukan Kelurahan Birobuli Utara dan Birobuli Selatan. Deklarasi yang dihadiri Sekretaris Daerah Kota Palu H Asri dilaksanakan di lapangan sepakbola Faqih Rasyid, Sabtu (7/12/2019).

Sekkot Palu H Asri SH membuka deklarasi Setop Buang Air Besar Sembarangan yang digelar Kelurahan Birobuli Utara dan Birobuli Selatan di lapangan sepakbola Faqih Rasyid, Sabtu (7/12/2019). (FOTO: BIRO HUMAS PROTOKOL PEMKOT PALU)

Selain Sekkot Palu, deklarasi dihadiri Kadis Kesehatan Kota Palu, dr Husaema dan pejabat kesehatan lainnya termasuk tamu undangan dari provinsi, camat, lurah, serta stakeholder terkait lainnya. Acara tersebut juga diisi dengan pembacaan deklarasi SBS dan penandatangan deklarasi SBS.

Menurut Asri, kebiasaan buang air besar sembarangan, tidak hanya jorok, tetapi berpotensi menimbulkan penyakit.”Setop Buang Ari Besar Sembarangan dalah kondisi ketika setiap individu dalam suatu komunitas tidak lagi melakukan perilaku buang air besar sembarangan yang berpotensi menyebarkan penyakit,” jelas Asri.

Sekktor Palu mengapresiasi dua kelurahan yakni, Birobuli Utara dan Kelurahan Birobuli Selatan yang berinisiatif melakukan deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan. Sekkot berharap deklarasi ini benar-benar diterapkan, tidak hanya di dua kelurahan yang melakukan deklarasi tetapi seluruh Kota Palu.

Pemkot Palu juga sangat mengapresiasi kegiatan deklarasi SBS di Kelurahan Birobuli Utara dan Birobuli Selatan. “Saya berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti di kegiatan deklarasi, tapi yang lebih utama adalah tindaklanjut dalam bentuk kegiatan untuk mewujudkan Pota Palu sehat, masyarakat sehat dan sejahtera,” tutur Asri.

Menurut dia, deklarasi ini adalah komitmen bersama dilaksanakan. “Ini bentuk komitmen kita semua untuk betul-betul melaksanakan deklarasi ini untuk tidak BAB disembarang tempat,” kata Asri. (*)

One thought on “Peduli Kesehatan, Dua Kelurahan Deklarasi Setop BAB Sembarangan

  1. Pingback: Save The Cildren Renovasi 4 Sekolah Rusak Akibat Bencana | Newsurban

Leave a Reply