Semangat Natal di Kemenkeu Sejalan Lima Prioritas Pembangunan

Kementerian Keuangan merayakan Natal dengan tema “Anugerah untuk Mengasihi”. Semangat Natal itu sejalan dengan proses menjalankan lima prioritas pembangunan yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

JAKARTA, NEWSURBAN.ID – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa dalam konteks bernegara, tema atau semangat “Anugerah untuk Mengasihi” sejalan dengan proses menjalankan lima prioritas pembangunan yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

“Prioritas pertama, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Relevan karena kita turut serta mengasihi dengan mendesain kebijakan menggunakan alat keuangan negara dan terus meyakinkan rakyat bahwa keuangan negara bisa memperbaiki kualitas SDM,” papar Menkeu saat menghadiri Perayaan Natal 2019 Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di Gedung Dhanapala pada Minggu (08/12).

Kemudian pada fokus infrastruktur, Menkeu mengatakan dengan keterbatasan anggaran, ASN harus mampu bekerja sama dengan instansi dan pelaku ekonomi lain di luar pemerintah. Sinergi tidak akan terjalin tanpa kemampuan untuk berbagi kasih.

Menkeu menambahkan bahwa sebagai manusia yang tidak sempurna, semestinya ketidaksempurnaan tersebut memotivasi untuk mendekati kesempurnaan. Oleh karena itu, pada aspek prioritas deregulasi dan reformasi birokrasi, ASN harus terus berinovasi dan tidak cepat puas untuk memperbaiki kualitas.

Terakhir, pada prioritas transformasi ekonomi, Menkeu memaparkan bahwa sebagai negara yang besar dari sisi populasi dan geografi, Indonesia harus mampu memperkuat dan menyempurnakan struktur ekonomi negara. Indonesia perlu pemikiran, pemihakan, dan kemampuan untuk tidak menyerah dalam memperkuat neraca pembayaran, keuangan negara, dan memperkuat sendi-sendi sosial-politik Indonesia.

“Saya berharap Anugerah untuk Mengasihi tidak hanya berlaku pada momen natal ini saja. Harus masuk dalam sanubari kita semua dan menjadi sandaran dalam menjalankan kewajiban kita sebagai ASN. Selamat Natal dan menyongsong tahun baru. Syalom!,” tutup Menkeu. (*)

Leave a Reply