KPU Lutra ‘Launching’ Tahapan Pilkada 2020

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Utara, melauching tahapan Pemilihan Kepala Dearah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Lutra, di halaman gedung teras Adira Masamba, Jumat (13/12/2019) malam.

“Jalur partai politik ini bisa merekrut 7 kursi di DPRD luwu Utara atau 20 persen, sementara jalur perseorangan harus mengumpulkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebanyak 21.619 lembar dengan pesebaran 8 kecamatan,” kata Ketua KPU Lutra Syamsul saat melaunching tahapan Pilkada Luwu Utara 2020 dan  memperkenalkan maskot bernama “La Kakao” atau buah Kakao yang merupakan komoditi andalan, di halaman gedung teras Adira Masamba, Jumat (13/12/2019) malam.

LUWU UTARA, NEWSURBAN.ID – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Sulawesi Selatan, melauching tahapan Pemilihan Kepala Dearah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Lutra, di halaman gedung teras Adira Masamba, Jumat (13/12/2019) malam.

Syamsul Bahri menuturkan Pilkada tahun ini dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 2019 lalu sebanyak 217.040 jiwa. Kemungkinan 4 pasangan calon dari jalur Partai Politik (Parpol), sementara pasangan calon jalur perseorangan memungkinkan 9 pasangan calon.

“Jalur partai politik ini bisa merekrut 7 kursi di DPRD luwu Utara atau 20 persen, sementara jalur perseorangan harus mengumpulkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebanyak 21.619 lembar dengan pesebaran 8 kecamatan,” kata Syamsul saat melaunching tahapan Pilkada Luwu Utara 2020 memperkenalkan maskot bernama “La Kakao” atau buah Kakao yang merupakan komoditi andalan.

”Maskot “La Kakao” adalah maskot buah Kakao yang merupakan komoditi utama Kabupaten Luwu Utara yang mengenakan sarung batik Rongkong yang mencerminkan kecintaan terhadap budaya dan kearifan lokal Kabupaten Luwu Utara,” lanjutnya.

Ia menambahkan bahwa maskot Lakakao menggunakan sarung tenun Rongkong yang merupakan produk asli masyarakat Kecamatan Rongkong, Kabupaten Lutra yang dimana tiap motifnya mencerminkan masyarakat yang memegang teguh sifat saling memupuk dan menjaga kebersamaan, serta terus menerus bergandengan tangan.

“Sementara baju, celana, sepatu dan logo KPU mewakili semangat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Luwu Utara sebagai penyelenggara pemilihan bupati dan wakil bupati kabupaten luwu utara tahun 2020 dan dalam maskot itu terdapat Surat Suara dan Tinta Ungu sebagai penanda penyelenggaraan pemilihan kepala daerah Kabupaten Luwu Utara serta jari kelingking bernoda tinta warna ungu yang menjadi bukti telah menggunakan hak pilih dalam pemilihan,” ujarnya.

Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Selatan Misna M Attas mengatakan bahwa tahapan Pilkada 2020 mendatang untuk pendaftaran pasangan calon dibuka pada awal Maret.

“Untuk pendaftaran calon bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota akan dilaksanakan pada minggu pertama bulan Maret, kemudian penentuan pasangan calon akan dimumkan oleh KPU Pada bulan Juli, setelah pendaftaran pengumuman pasangan calon akan dilaksanakan pada Bulan Juli, 3 hari setelah penetapan akan mememulai kampanye,” tuturnya.

One thought on “KPU Lutra ‘Launching’ Tahapan Pilkada 2020

  1. Pingback: Tahapan Pilkada Sudah Berjalan, Kapolres Lutra akan Lakukan Ini | Newsurban

Leave a Reply