Bupati Laura Minta Bawaslu Nunukan Gunakan Dana Hibah Pilbup Efisien dan Akuntabel

BUPATI Nunukan dan Bawaslu Nunukan saat menandatangani NPHD Bawaslu Nunukan. (ist)

Menjelang pemilihan kepala daerah serentak 2020, Pemkab Nunukan menyetujui bantuan dana hibah kepada Bawaslu Nunukan senilai Rp13 miliar.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID – Persetujuan banguan dana hibah diberikan Pemkab Nunukan, setelah melalui beberapa kali pembahasan. Bantuan dana hibah itu dituangkan dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang ditandangani Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid bersama Ketua Bawasku Nunukan Mochamad Yusran, Sabtu (5/9/2019) di Hotel Lemflin.

Penandatanganan NPHD dihadiri Bupati Nunukan, Sekda, Kadis Keuangan, Kaban Kesbangpol, dan TAPD. Sedangkan Bawaslu Nunukan dihadiri pimpinan Bawaslu Nunukan Mochamad Yusran, Abd Rahman, Harida dan Kepala Sekertariat Mansyur serta staf.

Bupati Laura Hafid mengharapkan dana hibah tersebut digunakan secara akuntabel dan sesuai aturan. Sehingga tidak menimbulkan masalah dikemudian hari. “Kita harap bisa dana itu benar-benar dimanfaatkan dengan baik dan akuntabel,” harap Laura.

Bupati mengakui, dana hibah itu tidak sesuai dengan usulan Bawaslu Nunukan, sebesar Rp20 miliar. “Saya harapkan dilakukan efesiensi dan efektivitas. Kita pahami bahwa pengelolaan keuangan daerah juga untuk mendanai pembangunan yang prioritas lainnya,” terangnya.

Meski demikian, Laura menyadari, Pilkada merupakan hajatan nasional secara serentak di beberapa daerah dan pendanaannya dari APBD. “Pemkab Nunukan berwajiban harus siap menyukseskan Pemilukada,” imbuhnya.

Tak hanya anggaran Bawaslu. Anggaran KPU juga sudah ditandatangi, dengan nominal Rp28 miliar. Angka itu jauh dari usulan KPU Nunukan yang mencapai Rp44 miliar, dan dirasionalisasikan menjadi Rp37 miliar hingga disetujui Rp28 miliar.

Ketua Bawaslu Nunukan Mochamad Yusran mengucapkan terima kasih atas perhatian dan komitmen Pemkab Nunukan karena telah memenuhi amanah UU 8/2016 tentang Pemilukada. Yusran menyadari, terdapat perbedaan antara besaran usulan dengan realisasi yang diberikan Pemkab Nunukan.

Semula lanjut Yusran, Bawaslu mengusulkan Rp23 milliar, lalu dirasionalisasi menjadi Rp20 milliar, dan akhirnya disetujui Rp13 Milliar. (adi/*)

2 thoughts on “Bupati Laura Minta Bawaslu Nunukan Gunakan Dana Hibah Pilbup Efisien dan Akuntabel

  1. Pingback: KPU Nunukan Tes Tertulis 344 Calon PPK Besok, Persaingan Ketat di Kecamatan Nunukan | Newsurban

  2. Pingback: Lantik 12 PDK, Ketua Panwas Tulin Onsoi Tekankan Bekerja Jujur dan Berintegritas | Newsurban

Leave a Reply