Kendaraan Air Gubernur Kaltara Kandas di Tanjung Haus

Speedboat Kaltara 1 yang kandas di perairan Tanjung Haus diduga akibat menabrak gusung. (ist)

Speedboat Kaltara 1 dan Kaltara 2 dari Tanjung Selor menuju Sebatik kandas di Tanjung Haus Kabupaten Nunukan. Speedboat Kaltara 1  adalah kendaraan laut yang biasa digunakan Gubernur untuk menyeberangi sungai di wilayah Kalimantan Utara.

TARAKAN, NEWSURBAN.ID – Speedboat Kaltara 1 dan Kaltara 2 berangkat dari Tanjung Selor, Jumat (20/12) sekitar 14.30 Wita. Kedua kendaraan laut cepat itu beriringan saat angkat jangkar di Tanjung Selor.

Namun dalam perjalanan kedua Speedboat yang sering digunakan Gubernur dan pejabat tinggi Kaltara kandas perairan di Tanjung Haus, Kabupaten Nunukan, Jumat sore (20/12) sekitar pukul 17.00 Wita.

Dikabarkan speedboat Kaltara 1 dan 2 ini berangkat dari Tanjung Selor menuju Tarakan. “Jadi sempat singgah ke Tarakan baru melanjutkan ke arah Sebatik,” ungkap Oktavia, Humas Basarnas Tarakan, Jumat (20/12/2019).

Informasi itu diperoleh Basarnas berdasarkan koordinasi dengan Ditpolair Polda Kaltara, dan Polair Polres Tarakan. Sementara KSOP Tarakan tidak menerima kabar kandasnya Speedboat Kaltara 1 dan Kaltara 2.

“Saat ini kami masih mencari tahu alasan dan penyebabnya kandasnya kedua speedboat tersebut. Sementara untuk korban ataupun penumpang masih dievakuasi,” bebernya.

Berbeda dengan keterangan Kepala Seksi Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli KSOP Kelas III Tarakan, Syaharuddin yang  mengaku tidak mengetahui kandasnya Speedboat Kaltara 1 dan Kaltara 2. “Saya belum dapat kabar kalau ada speedboat yang kandas,” ujarnya.

Menurut Syaharuddin, jika memang kandas,  kemungkinan speedboat menabrak gusung di perairan di Kaltara. Apalagi pada Desember hingga akhir tahun kondisi cuaca dan gelombang yang ia terima dari instansi terkait tidak ada gelombang tinggi.

“Mungkin terkena gusung, tapi saya cari tahu dulu, karena saya belum dapat kabar. Kalau faktor alam kayaknya tidak karena gelombang dan cuaca di perairan masih stabil,” jelasnya. (adi/*)

Leave a Reply