PKD RISMA Diharap Bantu Menangkal Radikalisme Kota Palu

Walikota Palu Hidayat bersama Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo Said menerima alumni PKD RISMA di rumah jabatan Walikota Palu, Kamis malam (26/12/2019). (FOTO: BIRO HUMAS PROTOKOL)

Pemerintah Kota Palu berharap PKD RISMA tidak sekadar program tetapi bisa membantu mencegah radikalisme dan menciptakan rasa aman di tengah-tengah masyarakat Kota Palu.

PALU, NEWSURBAN.ID – Walikota Palu Hidayat menerima alumni Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) RISMA Kota Palu yang bersilaturahmi ke kediamannya, Kamis malam (26/12/2019).

Hadir langsung dalam kesempatan tersebut Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo Said, Kapolres Palu Moch Sholeh, Dandim 1306/Donggala, Widya Prasetyo, dan Ketua Umum GP Ansor Sulawesi Tengah Alamsyah.

Walikota Hidayat menyampaikan, PKD RISMA yang telah digelar lima kali, merupakan inisiatif GP Ansor Sulteng bersama Pemerintah Kota Palu. Tujuan dari pelatihan PKD RISMA untuk menangkal hal-hal yang tidak diinginkan khususnya radikalisme.

“Ini sudah lima angkatan. Setiap angkatan berjumlah 50 orang. Mereka (RISMA, red) diberikan pemahaman dari berbagai lembaga hingga para tokoh, agar generasi kita tidak masuk dalam ruang yang bisa mempecah belah antara kita,” ungkap Walikota.

Menurut Hidayat, beberapa tahun lalu, perkelahian antar daerah di Kota Palu kerap terjadi. Namun berkat kerja keras TNI, Polri, tokoh adat, maupun tokoh masyarakat yang tergabung dalam Satgas K5, konflik antardaerah dapat diatasi.

“Ancaman untuk mempecah belah itu masih ada. Insya Allah dengan di kadernya RISMA ini akan membantu mengamankan daerah kita dari berbagai ancaman-ancaman tersebut,” lanjutnya.

Sementara itu, Wawali Palu Sigit Purnomo Said, mengatakan, fungsi Pemerintah bukan hanya sekadar merealisasikan program-program, tapi juga memberikan rasa aman bagi masyarakatnya.

Oleh karena itu, lanjut Sigit, dibentuknya berbagai lembaga seperti Satgas K5, Lembaga Adat, dan lainnya oleh Pemerintah Kota Palu sebagai upaya memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat.

“Sehebat-hebatnya Walikota, kalau kita selaku masyarakat maupun salah satu dari aparat pemerintahan tidak mendukung kebijakan-kebijakan Walikota, itu akan sulit,” ungkap Wawali.

Silaturahmi Alumni PKD RISMA ini juga dirangkaikan dengan Penyerahan secara simbolis satu set alat marawis kepada GP Ansor Sulteng dan dihadiri para Pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kota Palu, lurah dan camat se-Kota Palu, dan beberapa Ketua Ormas lainnya. (yusuf/*)

One thought on “PKD RISMA Diharap Bantu Menangkal Radikalisme Kota Palu

  1. Pingback: Tangkal Radikalisme, Pemkot-Risma Gelar Palu Berzikir dan Bershalawat | Newsurban

Leave a Reply