Lulus Akreditasi, RSU Kota Tarakan Siap Kerjasama BPJS Kesehatan

Lulus uji akreditasi Rumah Sakit Umum Kota Tarakan bisa bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan.

TARAKAN, NEWSURBAN.ID – RSU Kota Tarakan telah lulus uji akreditasi. Hal Itu berarti  RSU tipe C yang baru sekitar 9 bulan diresmikan ini, bisa melakukan kerjasama dengan BPJS Kesehatan.

RSU Kota Tarakan selama diresmikan sembilan bulan terakhir belum bisa melayani pasien peserta BPJS Kesehatan.

Melalui perjuangan sekitar 3 bulan, akhirnya dinyatakan lulus oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Dengan akreditasi tersebut pada 6 Januari 2020 RSU ini akan menerima sertifikat dari KARS.

“Setelah sertifikat kita terima, kita jalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan supaya bisa melayani pasien yang peserta BPJS Kesehatan,” kata Walikota Tarakan, dr Khairul.

Namun demikian, RSU yang berada di Jl Hake Babu Kota Tarakan ini bisa melayani BPJS Kesehatan tergantung dari perjanjian kerjasama yang akan dijalin.

Khairul menegaskan, untuk menghindari pelayanan yang tidak baik, ada standar yang harus dilakukan. “Harus ada standar pelayanan, apalagi sudah terakreditasi dan terstandarisasi. Mestinya ada ada standar pelayanan, tetapi semua tergantung dari petugas yang ada di lapangan karena setiap orang memiliki pribadi masing-masing. Apalagi seluruh pimpinan tidak bisa mengawasi satu persatu tetapi semestinya ada system atau cara untuk mengontrolnya,” urai Khairul.

Dokter yang terjun ke politik ini, menekankan, setiap rumah sakit memiliki standar pelayanan masing-masing. “Itu yang menjadi pedoman dalam melayani pasien baik yang ter-cover dalam asuransi maupun yang melakukan pengobatan secara umum, semuanya mendapatkan perlakuan yang sama,” jelasnya. (pk/adi/*)

One thought on “Lulus Akreditasi, RSU Kota Tarakan Siap Kerjasama BPJS Kesehatan

  1. Pingback: Darurat COVID-19, Gugus Tugas Tarakan  Ungkap 4 Kasus PDP 29 ODP | Newsurban

Leave a Reply