Walikota Hidayat Harap Fasilitas Huntap Rampung Sebelum Jokowi Datang

Walikota Palu Hidayat (lima dari kanan) bersama Sekkot Palu H Asri (kanan) saat menemui Ketua Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia, Liu Su Mei dan pengurus di Jalan Boulevard Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara, Kamis (9/1/2020).

Walikota Palu Hidayat berharap seluruh fasilitas hunian tetap warga korban bencana rampung sebelum Presiden Joko Widodo datang.

 

LIPUTAN-FOTO: YUSUF
PALU, NEWSURBAN.ID – Pemerintah Kota Palu terus mengebut pembangunan fasilitas hunian tetap korban bencana. Pemkot berharap seluruhnya sudah rampung sebelum Presiden Joko Widodo (Jokowi) datang.

Walikota Palu Drs Hidayat M.Si, mengatakan jika tidak ada aral melintang semua sudah rampung  sebelum kedatangan Jokowi ke Kota Palu pada April 2020.

“Diharapkan semua fasilitas yang terkait dengan penempatan hunian tetap (huntap) bagi warga penyintas bencana sudah siap untuk ditempati,” kata Hidayat saat menemui langsung Ketua Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia, Liu Su Mei, di Jalan Boulevard Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara, Kamis (9/1/2020).

Hidayat menjelaskan, sesuai dengan keinginan Presiden, huntap di Tondo sudah harus ditempati pada April 2020. “Maka sebelum kedatangan bapak Presiden RI atau sebelum bulan puasa maka segala fasilitas yang terkait pada sarana dan parasarana pendukung huntap sudah bisa terealisasi,” kata Hidayat.

Dia menambahkan, untuk tahap awal, di lokasi yang akan dikunjungi Jokowi tersebut tahap awal akan ditempati 250 kepala keluarga. Dan nantinya juga huntap Tondo segera menyusul dibangun untuk fasilitas sama yang dibangun oleh Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia tersebut.

Walikota Palu Hidayat (lima dari kiri) bersama Sekkot Palu H Asri (tiga dari kanan) berdiskusi dengan Ketua Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia, Liu Su Mei dan pengurus terkait pemulihan Kota Palu di Jalan Boulevard Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara, Kamis (9/1/2020).

Sementara itu, Ketua Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia, Liu Su Mei, mengatakan pihaknya akan berupaya berbuat yang terbaik untuk masyarakat Kota Palu dan sekitarnya yang terdampak bencana alam pada tanggal 28 september 2018 lalu agar bisa kembali menatap kehidupannya yang lebih baik lagi melalui huntap yang layak huni.

Liu Su Mei juga mengatakan, pihaknya tak sekadar membangun huntap, namun peralatan rumah tangga pendukung lainnya seperti tempat tidur hingga kursi dan meja makan juga disediakan. Apalagi sambung dia, Pemkot Palu telah menyediakan sarana jalan yang luas. “Sisa mengkolaborasikan sarana lainnya yang dibangun oleh Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia seperti aula pertemuan warga, sarana olahraga, dan taman bermain,” imbuhnya.

Dia menambahkan, upaya yang dilakukan  Pemkot Palu dibawah kepemimpinan Hidayat dan Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo Said bersama seluruh jajaran lainnya, sangat besar  peranannya dalam mengawal dan medampingi serta berperan besar dalam penanganan bencana dan  bersama-sama Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia membantu secara kemanusiaan dan membantu memulihkan wilayah Kota Palu dari dampak bencana alam. Sehingga Kota Palu cepat menggeliat dan telah pulih seperti sediakala.

Walikota Hidayat mengatakan, pihaknya sangat bersyukur dan menyampaikan ucapan terimakasih yang sangat besar kepada semua pihak yang ikut membantu dalam penanganan bencana hingga pada rehabilitasi, rekonstruksi, dan bantuan kemanusiaan lainnya terutama kepada pihak pemerintah pusat, negara sahabat, seluruh kepala daerah di indonesia, TNI dan Polri, serta semua stakeholder  unsur terkait lainnya yang  telah banyak memberikan bantuannya baik tenaga, keuangan hingga doa dan apa saja yang terkait dalam penanganan kebencanaan ini. *

Leave a Reply