Setuju Bentuk Pansus Jiwasraya NasDem Surati Pimpinan DPR

Martin Manurung Wakil Ketua Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai NasDem

Fraksi NasDem akan mengajukan surat resmi ke pimpinan DPR terkait pembentukan Pansus Jiwasraya.

JAKARTA, NEWSURBAN.ID РPartai NasDem  mendukung penuh penyelesaian masalah Jiwasraya melalui pembentukan Panitia Khusus (Pansus).  Fraksi NasDem juga mendorong fraksi-fraksi lain di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) agar pansus ini segera dibentuk.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Martin Manurung mengatakan, Fraksi NasDem akan mengajukan surat resmi ke pimpinan DPR terkait pembentukan Pansus Jiwasraya.

 

“Pasti kami tindaklanjuti (membentuk Pansus Jiwasraya),” kata Martin di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, dikutip dari website partai nasdem Selasa (14/1).

Surat kepada pimpinan DPR diperlukan agar wacana membentuk Pansus Jiwasraya dibahas dalam satu rapat paripurna khusus.

Keputusan pembentukan pansus biasanya diambil dalam rapat paripurna. Dalam rapat itu, masing-masing fraksi akan menyampaikan sikap soal perlu atau tidaknya pembentukan pansus.

Martin menambahkan, Pansus Jiwasraya harus dibentuk agar DPR bisa sekaligus mengawasi pembenahan BUMN, terlepas dari kasus hukum yang kini sedang ditangani Kejaksaan Agung.

“NasDem begini, kita melihatnya memang bukan case by case. Memang langkah langkah hukum sudah ada, dilakukan kejaksaan, tetapi ini kan momentum di mana kita harus menyoroti juga pembenahan BUMN,” sambungnya.

Lebih lanjut, Martin menegaskan pembentukan pansus penting agar ke depan hal serupa seperti Jiwasraya tak terjadi lagi. Pansus diperlukan untuk mengetahui akar masalah yang terjadi di perusahaan BUMN tersebut.

“Ini kan kalau kita tidak dalami masalahnya, kita tidak akan tahu nature masalahnya itu seperti apa. Nah, ini kan momentum kita untuk memperbaiki. Ya, kan? Kalau kita sekadar langkah hukum, ya kita hanya menghukum saja orang yang bersalah tetapi kita tidak mencegah ke depan,” tutur Martin. (*)

Leave a Reply