Bawaslu Sulteng Periksa 5 Pejabat Pemprov

Ketua Bawaslu Sulawesi Tengah, Ruslan Husen

Sejak tahapan Pilkada Serentak 2020 bergulir, waslu Sulteng telah memeriksa 5 pejabat Pemprov Sulteng. Pemeriksaan lima orang Aparatur Sipil Negara (ASN) tersebut terkait dugaan pelanggaran netralitas ASN jelang Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020.

PALU, NEWSURBAN.ID – Lima ASN yang diperiksa adalah Hidayat Lamakarate (Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng), Hasanuddin Atjo (Kepala Bappeda Sulteng) dan Bartholomeus Tandigala (Kepala BPBD Sulteng). Dua ASN lainnya adalah Basir Tanase (ASN  Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulawesi Tengah) dan Shauqi Husen Maskati (ASN Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah).

Ketua Bawaslu Sulawesi Tengah, Ruslan Husen mengatakan, menemukan informasi awal bahwa keduanya diketahui mendatangi kantor DPD Partai Nasdem Kota Palu untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Palu Pemilihan 2020.

Keduanya juga diduga hadir dalam penyampaian visi dan misi sebagai salah satu proses dalam seleksi calon Walikota/Wakil Walikota yang diselenggarakan oleh DPD Partai NasDem Kota Palu.

“Hasil pemeriksaan dan keterangan yang diperolah dari Basir Tanase saat ini masih dalam proses dan Senin besok pukul 10.00 WITA akan dilanjutkan dengan pemeriksaan dari Shauqi Husen Maskati,” ujar Ruslan, Minggu (19/1).

Terkait pemeriksaan Hidayat Lamakarate Ruslan dan Hasanuddin Atjo mengatakan hasil pemeriksaan dokumen, saksi-saksi kajian dan hasil rapat pleno pimpinan Bawaslu Sulteng atas temuan dugaan pelanggaran yang dilakukan kedua ASN  terlapor diduga memenuhi unsur-unsur pelanggaran netralitas ASN.

Sementara ASN terlapor Bartholomeus Tandigala (Kepala BPBD Sulteng) masih dalam proses penindakan pelanggaran dalam bentuk klarifikasi dan dalam status temuan.

“Hasil kajian dan keterangan Bartholomeus Tandigala akan diumumkan di papan pengumuman pada Jumat 17 Januari 2020,” ujarnya.

Ruslan menambahkan untuk pelanggaran netralitas yang dilakukan ASN TNI/Polri, Bawaslu mengacu pada peraturan Bawaslu Nomor 6 Tahun 2018 tentang Pengawasan Netralitas ASN Anggota TNI dan Anggota Polri.

Jika terjadi pelanggaran maka penanganan pelanggaran selanjutnya berdasarkan peraturan tersebut akan dilakukan prosedur penanganan pelanggaran sesuai dengan Peraturan Bawaslu Nomor 14 Tahun 2017 tentang Penanganan Pelanggaran Pemilihan Gubernur, Bupati serta Walikota. *

One thought on “Bawaslu Sulteng Periksa 5 Pejabat Pemprov

  1. Pingback: Bawaslu Ingatkan ASN Tidak Berpolitik, Parpol Tak Bebani Paslon dengan Mahar | Newsurban

Leave a Reply