Dikabarkan Merugi, DPRD Sulsel Kaji Keuangan Jamkrida

Ilustrasi

Bercermin pada Jiwasraya gate, sehingga adanya desakan untuk melakukan audit mendalam terhadap keuangan PT Jamkrida Sulsel.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Wakil Ketua Komisi C DPRD Sulsel, Dan Pongtasik akan mengkaji Keuangan PT Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Sulsel, dikabarkan terus merugi berjalan lebih tiga tahun.

“Kami akan mengkaji lebih dalam tentang hal itu,” katanya saat dikonfirmasi wartawan newsurban.id, Selasa (21/01/2020).

Berdasarkan izin usaha Nomor KEP-39/D.05/2016 Tanggal 9 Juni 2016 dengan Kepemilikan Saham Pemprov Sulsel Rp25,3 miliar (99,80%) Koperasi KPRI Rp50 juta (0,20%) Jumlah Rp25,35 miliar.

Namun sampai saat ini, Perusahaan tersebut belum bisa memberi keuntungan. Bahkan, PT Jamkrida belum berani menyebut target ekonominya.

Sementara, Ketua Bidang Hukum dan HAM Badko HMI Sulselbar, Syamsumarlin menilai seharusnya pihak Pemprov Sulsel dan DPRD Sulsel segera mengevaluasi PT Jamkrida Sulsel. Jamkrida Sulsel yang bermasalah dan tidak menunjang pendapatan daerah.

Pihaknya juga mendesak institusi penegak hukum seperti KPK RI, Kepolisian, Kejaksaan, dan institusi audit publik seperti BPK, BPKP Sulsel untuk memeriksa Perusda atau BUMD yang ada di Sulsel.

Ia pun bercermin pada Jiwasraya gate, sehingga adanya desakan untuk melakukan audit mendalam terhadap keuangan PT Jamkrida Sulsel. “Bisa jadi demikian, sama dengan kasus Jiwasraya Gate,” tutupnya.

Leave a Reply