Peduli Budaya dan Lingkungan, Ketua PKK Sulsel Sasar Sekolah

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan Ny. Liest F. Nurdin M.Fis beserta rombongan saat kunjungan kerja di Kota Parepare, Selasa (21/1/2020). (infokom)

Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel Lies F Nurdin meminta para kepala sekolah, guru, dan seluruh siswa benar-benar menghadirkan sekolah yang berbudaya dan ramah lingkungan.

PAREPARE, NEWSURBAN.ID – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Lies F Nurdin,  bersama rombongan melakukan kunjungan kerja di Kota Parepare, Selasa (21/01/2020). Rombongan, tiba di SMA Negeri 5 Parepare, disambut hangat oleh Walikota Parepare Taufan Pawe dan Ketua Tim Penggerak PKK, para guru, siswa dan masyarakat setempat.

 

Walikota Parepare Taufan Pawe menyampaikan selamat datang kepada Ketua Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Lies F. Nurdin beserta rombongan dan memberikan apresiasi atas kepedulian sosial, ekonomi dan lingkungan khususnya di Kota Parepare.

“Tentu kedatangan Ibu PKK Provinsi ini memberikan semangat dan energi bagi kami semua untuk percepatan pembangunan di Parepare,” kata Taufan Pawe.

Sementara Lies F. Nurdin dalam sambutannya meminta kepada para kepsek, guru dan seluruh siswa untuk benar-benar menghadirkan sekolah yang berbudaya dan ramah lingkungan.

“Ada beberapa poin penting yang ditekankan meliputi MCK, yakni sekolah harus bersih, tertib kelola sampah, hindari penggunaan plastik, kantin yang bersih dan makanan yang sehat, taman sekolah yang hijau, dibuat titik-titik geopori untuk peresapan air serta ruang kelas dengan sirkulasi udara yang segar,” ungkap Lies.

Ia juga meminta agar UKS dikelola dengan baik sehingga  seluruh sekolah dapat menghadirkan lingkungan yang bersih,  sehat, ramah dan berkelanjutan.

“Saya berharap agar sekolah Adiwiyata itu harus menjadi gerakan bersama sehingga sekolah dapat menjadi contoh pengelolaan lingkungan yang baik dari permukiman masyarakat lainnya,” ujar Lies.

Kunker dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang narkoba, adiwiyata dan pola hidup sehat oleh para narasumber yang ikut serta dalam rombongan kunjungan kerja ini.

Liest F. Nurdin  juga berkeliling sekolah melakukan pengecekan kebersihan sekolah,  memberikan sejumlah  bantuan alat kebersihan, dispenser, thumbler,  bibit pohon rambutan, mangga dan kelor sebanyak 50 pohon setiap sekolah, masing-masing di SMA Negeri 5 dan SMA Negeri 4 Kota Pare-pare. Lies juga melakukan penanaman bibit pohon secara simbolis.

Rombongan PKK Prov Sulsel juga mengunjugi panti jompo binaan Dinas Sosial Prov Sulsel dan memberikan sejumlah bantuan sosial. Rombongan memberikan semangat kepada kelompok UKM Pengrajin Parepare.

Kadis Pengelolaan Lingkungan Hidup Andi Hasdullah yang ikut mendampingi memberikan apresiasi atas kepedulian Ketua Tim PKK Sulsel. “Kunjungan ini memberikan dorongan dan menggugah kepekaan kita terhadap kepedulian sosial ekonomi dan lingkungan di sulsel,” kata Hasdullah.

Hasdullah berharap agar semua sekolah di Sulsel yang jumlahnya sekitar 10 ribu lebih dapat melakukan suatu gerakan sekolah Adiwiyata yang dapat menjadi model dan dicontohi oleh seluruh masyarakat di Sulsel.

“Harapan kita jumlah sekolah Adiwiyata 2020 terus bertambah dan secara nyata berkontribusi langsung untuk percepatan pembangunan yang berkelanjutan di Sulawesi Selatan,” tutupnya. *

One thought on “Peduli Budaya dan Lingkungan, Ketua PKK Sulsel Sasar Sekolah

  1. Pingback: TP PKK Sulsel Kembangkan Komoditas Ekspor Talas Satoimo | Newsurban

Leave a Reply