Islamic Center Palu Mulai Dibangun

Walikota Palu Hidayat (kiri), Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo Said melakukan groundbreaking pembangunan Islamic Center Kota Palu, Senin (27/1/20). (humas)

Groundbreaking pembangunan Islamic Center Palu dilakukan sesuai rencana awal, Senin (27/1/20). Peletakan batu pertama ini sebagai simbol dimulainya pembangunan Islamic Center Palu.

 

PALU, NEWSURBAN.ID – Pemerintah Kota Palu melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Islamic Center Kota Palu, di Kelurahan Tondo,  Senin (27/1/20).

Peletakan batu pertama dihadiri Walikota Palu Hidayat, Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo Said, Ketua Guru Besar IPB Rokhmin Dahuri, Ketua MUI Kota Palu Zainal Abidin, dan pejabat lainnya.

Ketua panitia peletakan batu pertama pembangunan Islamic Center Kota Palu, sekaligus sebagai Kabag Kesra Setda Kota Palu Awaludin menyebutkan, pembangunan Islamic Center ini dimaksudkan selain sebagai ikon Kota Palu, juga sebagai pusat peradaban ummat Islam Kota Palu.

Secara spesifik lagi kata dia, Islamic Center Kota Palu sebagai pusat pengembangan kehidupan beragama Islam yang meliputi aspek akidah, ibadah, maupun muamalah, pembinaan mental keagamaan dan keumatan serta tempat pengembangan nilai-nilai budaya Islam, toleransi, kekeluargaan, dan kegotongroyongan.

Seraya menambahkan, pembangunan Islamic Center ini di Jalan Wisata Gong Perdamaian Kelurahan Tondo Kecamatan Mantikulore, Kota Palu. Luasnya 6,5 hektare dan akan segera di bangun setelah peletakan batu pertama oleh Pemerintah Kota Palu.

Sementara itu, Walikota Hidayat mengatakan, pembangunan pusat peradaban Islam tersebut merupakan sebagian bukti kerukunan umat beragama di Kota Palu yang akan menjadi simbol keberagaman serta menyatunya ulama dan umaro dalam suatu langkah kolaborasi yang positif.

Baca Juga:

    1. Sekkot Palu Optimis Groundbreaking Pembangunan Islamic Center Sukses
    2. Pemkot Palu Matangkan Groundbreaking Pembangunan Islamic Center
    3. Bangkitkan Wisata Alam Melalui “Salena The Green Peak of Palu City”

“Harapannya sinergi dan silaturahmi yang lebih hakiki antara ulama dan umaro akan berujung pada pembangunan Kota Palu yang lebih diberkahi oleh Allah Swt,” ungkap Walikota.

Selain itu, katanya Islamic Center ini diharapkan dapat dijadikan sebagai sarana pembelajaran Al-Qur’an, manasik haji, pelatihan keislaman, dan pemberdayaan intensif muslim, serta yang jauh lebih penting adalah mewujudkan sosok sumber daya manusia Kota Palu yang berakhlakul karimah. (yusuf/*)