Kedatangan 15 WNA China di Ternate, Sejumlah Warga Panik

ILUSTRASI

“Pemerintah bilang sudah menutup pintu untuk kedatangan WNA China. Tapi, kenapa ada lagi yang datang? Kami takut penyebaran virus corona,” kata Hadid, salah satu warga yang ditemui wartawan di Bandara Babullah Ternate, Provinsi Maluku Utara.

TERNATE, NEWSURBAN.ID – Kedatangan 15 warga negara asing (WNA) asal China, tiba di Bandara Babullah Ternate, Provinsi Maluku Utara, Sabtu (1/2/2020), membuat warga setempat panik dengan lantaran dibayangi penyebaran virus corona dari Wuhan, China sudah ratusan memakanan korban.

Setibanya, para WNA langsung di bawa ke penginapan Muara Inn di Kelurahan Kampung Pisang Kota Ternate Tengah.

Penjemput WNA menyatakan mereka merupakan karyawan perusahaan pengembang kawasan industri di Halmahera Tengah PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) yang didatangkan dari Manado, Sulawesi Utara.

“Pemerintah bilang sudah menutup pintu untuk kedatangan WNA China. Tapi, kenapa ada lagi yang datang? Kami takut penyebaran virus corona,” kata Hadid, salah satu warga yang ditemui di bandara.

Manajemen PT IWIP lewat Departemen Humas membantah jika para WNA merupakan karyawan IWIP. Menurut IWIP, 15 WNA tersebut adalah teknisi ahli kapal yang datang dari Nanjing untuk melakukan pengecekan teknis terhadap kapal angkut atau vessel milik PT IWIP.

“Nanjing berada 544 kilometer dari kota Wuhan,” tutur Agnes Ide Megawati, Associate Director Media & Public Relations Department PT IWIP.

Menurut Agnes, para WNA sudah melalui prosedur pengecekan kesehatan sejak berada d Bandara Nanjing sebelum terbang ke Manado. Di Bandara Samratulangi Manado juga sudah melalui pengecekan kesehatan.

“Di Ternate mereka akan melalui prosedur screening juga selama beberapa hari sebelum manajemen perusahaan ijinkan memasuki site PT IWIP,” ujarnya.

Manajemen IWIP sebelumnya telah memutuskan tidak akan mendatangkan staf dari China ke site IWIP di Weda, Halmahera Tengah. Langkah itu diambil sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus.

“Sejak 22 Januari sampai waktu yang belum ditentukan. Untuk tim medis di klinik perusahaan di site juga sudah disiapkan,” ucap Agnes.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Ternate Nurbayti Radjabessy menyatakan 15 WNA telah diperiksa kondisi tubuhnya ketika tiba di bandara. Begitu pula ketika tiba di penginapan kembali diperiksa oleh Dinkes. Hasil pemeriksaan menunjukkan mereka negatif terpapar corona.

“Ada satu orang yang demam tapi demam biasa, mungkin kecapekan. Dinkes tetap kontrol terus selama 15 WNA ini masih di Ternate, dan selanjutnya data dari Dinkes Kota akan dikirim ke kabupaten yang akan jemput 15 WNA ini,” ujarnya.

2 thoughts on “Kedatangan 15 WNA China di Ternate, Sejumlah Warga Panik

  1. Pingback: Mendarat di Batam, 245 WNI Asal Wuhan Diangkut ke Natuna Untuk Karantina 14 Hari | Newsurban

  2. Pingback: Warga China Dilarangan Masuk di Indonesia dan Bebas Visa Dihapus | Newsurban

Leave a Reply