3 WNI Masih Tertahan di China, Begini Penjelasan Menkes RI

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, int

“Tiga orang tak lolos screening yang dilakukan pemerintah China yang meliputi bertahap, 3 tahap mereka harus jalani. Dan itu membuat kita merasa nyaman, bahwa yang berangkat ini sudah dinyatakan pemerintah China bahwa itu orang-orang sehat,” kata Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, di Lanud Raden Sadjad, Natuna, Minggu (2/2/2020).

JAKARTA, NEWSURBAN. ID – Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan jumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi di Wuhan, Provinsi Hubei, China sebanyak 238 orang.Dari jumlah trsebut, hanya 3 orang WNI batal dievakuasi karena alasan kesehatan. Mereka tak lolos screening oleh pemerintah China.

“Tiga orang tak lolos screening yang dilakukan pemerintah China yang meliputi bertahap, 3 tahap mereka harus jalani. Dan itu membuat kita merasa nyaman, bahwa yang berangkat ini sudah dinyatakan pemerintah China bahwa itu orang-orang sehat,” kata Terawan di Lanud Raden Sadjad, Natuna, Minggu (2/2/2020).

Menurutnya, dari jumlah 238 WNI di Wuhan, China. Terawan pun akan kembali memastikan jumlah yang sebenarannya.

Baca:

“Nanti saya akan cek ulang karena mestinya yang hadir di sini 245. 4 orang menyatakan tidak mau berangkat karena lebih nyaman di sana,” ujarnya.

“Dia lebih kerasan meskipun kita sudah tawarkan semua. Mereka sudah membuat surat pernyataan,” sambungnya.

Namun, kata Terawan, pemerintah tetap akan memeriksa secara intensif para WNI yang telah tiba di Natuna. Pemeriksaan tentu disesuaikan dengan standar SOP World Health Organization (WHO).

“Tetapi saya harus memastikan detail, sehat betul apa tidak. Standarnya sama atau tidak. Itu namanya kegiatan check and recheck sesuai standar WHO yang ada,” tutup dia.

Para WNI dari Wuhan itu akan diobservasi selama 14 hari di hanggar Lanud Raden Sadjad. Setelah dipastikan clear dari virus corona, mereka baru akan dipulangkan ke rumah masing-masing. *