Pakai LED Hemat Energi, Jalan Utama dan Lorong Kota Palu Bakal “Mandi Cahaya”

Walikota Palu Drs Hidayat M.Si memimpin pertemuan persiapan penerangan jalan umum (jalan utama dan lorong) yang dihadiri sejumlah kepala OPD terkait, pejabat sekretariat Pemkot Palu, pihak PLN, dan swasta penyedia LED, di ruang kerja walikota, Selasa (4/2/20). yusuf

Jalan umum dan lorong di Kota Palu dalam waktu yang tidak lama akan terang benderang. Penerangan Jalan Umum akan masuk ke lorong-lorong karena menggunakan light-emitting diode atau LED yang hemat energi dan memancarkan cahaya terang.

PALU, NEWSURBAN.ID – Walikota Palu Hidayat menjelaskan, penerangan seluruh ruas jalan dan lorong di wilayah Kota Palu bisa tercover karena menggunakan LED yang hemat energi. Untuk pemasangan LED tersebut, Pemkot Palu telah menyiapkan anggaran Rp3,4 miliar.

 

“Kita tidak lagi memakai lampu yang yang konsumsi dayanya besar, 500 -1000 watt. Kita gunakan LED dengan konsumsi daya rendah namun cahayanya terang benderang, sehingga penerangan bisa lebih meluas,” kata Hidayat di ruang kerjanya Selasa (4/2/20).

Klik Ini: Temui PLN, Walikota Minta Sambungan Listrik 577 Huntap

Hidayat mengharapkan, pemasangan PJU menggunakan lampu LED terpasang dilakukan bertahap. Untuk pemasangan LED disesuaikan dengan kapasitas kondisi jalan di wilayah Kota Palu dan kapasitas daya tidak akan sama. “Namun dipastikan seluruh wilayah Kota Palu sepanjang jalan sekitar 850 kilo meter lebih akan diterangi dengan LED,” ujar Walikota.

Meski demikian, Hidayat juga tetap mempersilakan warga yang ingin memasang lampu penerangan jalan di depan rumahnya, sepanjang daya yang terpasang di rumahnya mampu.

Untuk mematangkan penereangan jalan Kota Palu, Walikota mengatakan akan dibuatkan SK untuk tim percepatan penggantian PJU dari lampu lama ke LED. Tim ini kata dia, terdiri dari pihak Pemkot Palu, PLN, dan pihak swasta penyedia LED, serta stakeholder terkait lainnya.

Petahana Walikota Palu ini, menambahkan, untuk pemasangan PJU, LED adalah perhitungan nilai untuk pemasangan. Sehingga sangat diperlukan pembentukan tim percepatan untuk bersinergi dan melakukan survei di lapangan.

Klik Ini: ESDM Segera Pasang Solar Cell  di Huntap Tondo dan Talise

“Sehingga hasilnya nanti menjadi acuan untuk pemasangan PJU lampu LED di semua jalan utama dan lorong di Kota Palu,” jelas Hidayat dalam pertemuan yang dihadiri sejumlah kepala OPD terkait, pejabat sekretariat Pemkot Palu, pihak PLN, dan swasta penyedia LED. (yusuf/*)

Leave a Reply