Tiga Daerah 3T di Perbatasan Nunukan-Malaysia akan Nikmati Telekomunikasi

Tiga daerah terluar, terisolir, dan tertinggal (3T) di Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara akan menikmati jaringan telekomunikasi lancar. Saat ini, sedang dikebut pembangunan tower telekomunikasi di tiga daerah yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID – Pembangunan tower telekomunikasi di perbatasan Lumbis Ogong, Lumbis Pansiangan,dan Lumbis Hulu terus dikebut. Penambahan tower di tiga daerah 3T tersebut berkat perjuangan anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan daerah pemilihan Kalimantan Utara, Deddy Yevri Hanteru Sitorus.

Foto proses distribusi perangkat tower untuk Desa Lumbis Ogong, Lumbis Pansiangan, dan Lumbis Hulu diangkut dengan perahu kayu bermesin melalui sungai. (adi)

Tower telekomunikasi itu diperkirakan bisa melempar sinyal dengan radius 1 kilometer. Jika tower itu sudah difungsikan, maka jaringan komunikasi di tiga daerah yang masuk zona 3T tersebut akan berjalan lancar.

Klik: Puaskan Libido Wisata! Jajal Alam Perawan Nunukan di Batas RI-Malaysia

Atas perjuangan Deddy, warga tiga desa terpencil itu berterima kasih. Warga berharap tower itu bisa cepat beroperasi.

Pasalnya, sampai saat ini, belum bisa menikmati layanan komunikasi layaknya daerah lain. Warga berharap proyek itu rampung secepatnya sehingga mereka bisa merasakan jaringan komunikasi yang lancar walau berada di pedalaman.

Dari pantauan wartawan newsurban.id, proses pembangunan tower untuk tiga daerah yang masuk zona 3T itu terus dikebut.

Perangkat tower diangkut menggunakan perahu menyusuri sungai menuju Lumbis Ogong, Lumbis Pansiangan, dan Lumbis Hulu. Distribusi perangkat yang harus melalui sungai ini juga yang menjadi salah satu kendala percepatan pembangunan tower untuk tiga daerah perbatasan di ujung Utara Nunukan tersebut.

Saat kunjungan kerja ke Kaltara, Deddy juga menyerap sejumlah aspirasi. Salah satunya terkait jaringan telekomunikasi. Dengan dibangunnya tower untuk tiga desa terpencil di Nunukan ini, Deddy berharap warga Lumbis Ogong, Lumbis Pansiangan, dan Lumbis Hulu bisa berkomunikasi dengan kerabatnya yang tinggal di luar daerah. (adi/*)