Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Asni Hafid Harap Bisa Membangun Karakter Masyarakat Nunukan

Senator Kalimantan Utara Hj Asni Hafid melakukan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika), di Hotel Laura, Nunukan, Kamis (6/2/20). (adi)

Sosialisasi empat pilar kebangsaan diharapkan dapat membangun karakter dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di Kabupaten Nunukan yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID – Anggota DPD/MPR RI, Daerah Pemilihan Kalimantan Utara Hj. Asni Hafid melakukan sosialisasi Empat Pilar MPR RI (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika). Acara digelar di Hotel Laura, Nunukan, Kamis (6/2/20).

Menurut Asni, sosialisasi empat pilar Kebangsaan MPR RI ini, bertujuan, antara lain untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, dan Ketetapan MPR.

Selain itu, kata dia, empat pilar itu, untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya seluruh penyelenggara pemerintah, dan diharapkan agar masyarakat memahami. Juga menerapkan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari.

Klik: Bupati Asmin Laura Harap Penerima Beasiswa Nunukan Cerdas Lulus dengan Prestasi Membanggakan

Implementasi empat pilar kebangsaan, ini lanjut dia, harus terus digelorakan terhadap semua kalangan. Mulai dari tokoh masyarakat hingga generasi muda. “Karena empat pilar kebangsaan menjadi cara strategis dalam untuk membangun karakter masyarakat dalam berbangsa dan bernegara,” jelas Asni.

Dia menjelaskan, ketika nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika mampu diterapkan di kehidupan sehari-hari, efeknya akan luar biasa.

Asni memaparkan setiap masyarakat harus menjunjung tinggi toleransi. Semangat Empat Pilar Kebangsaan MPR RI, kata dia, mengajarkan hal tersebut. “Lebih toleran, mau berbagi, gotong-royong dan yang terpenting menghargai perbedaan. Kita perkuat Kebhinekaan,” imbuhnya.

Dia pun mengatakan, bangsa Indonesia akan besar dan kuat bukan oleh bangsa lain, tetapi oleh bangsa Indonesia sendiri. “Namun bangsa Indonesia akan pecah dan hancur juga bukan oleh bangsa lain. Tetapi oleh bangsa Indonesia sendiri,” katanya.

Karena itu, menurut dia, sangat penting untuk memahami dan mendalami empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD Dasar Negara Republik Indonesia 1945, sebagai sebuah kekuatan NKRI, Bhinneka Tunggal Ika sebagai pemerstasu dan pancasila sebagai pedoman hidup.

Klik: Tiga Daerah 3T di Perbatasan Nunukan-Malaysia akan Nikmati Telekomunikasi

Setelah sosialisasi ini, Asni berharap nilai-nilai kebangsaan ini, dapat memberi umpan balik bagi anggota DPD/DPR/MPR RI, dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap nilai-nilai kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. (adi/*)

One thought on “Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Asni Hafid Harap Bisa Membangun Karakter Masyarakat Nunukan

  1. Pingback: BPIP Pakai Tiktok untuk Sosialisasi Pancasila ke Generasi Muda | Newsurban

Leave a Reply