Tim Relawan Rumah Baca Lentera Buka Akses Sampai Sebatik

Anak-anak di Sebatik, Kabupaten Nunukan menikmati suasana Rumah Baca Lentera. (ama)

Dengan segala keterbatasan, relawan Tim Rumah Baca Lentera berupaya membantu anak-anak pedalaman agar melek baca dengan beragam buku. Rumah itu, kini masuk ke perbatasan Lourders Sungai Limau Sebatik, Kabupaten Nunukan.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID – Anak-anak tampak semangat memilih buku bacaan yang disiapkan Rumah Baca Lentera, Kamis (6/2/20). Buku-buku itu senagaja disiapkan tim relawan dari Rumah Baca Lentera untuk membantu anak-anak di pedalaman Kabupaten Nunukan memiliki minat baca.

Rumah Baca Lentera di perbatasan Lourdes Sungai Limau Sebatik Tengah, Nunukan, berdiri pada 13 maret 2017. Rumah baca ini didirikan oleh Daniel Lalang sekaligus pengelolah.

Klik: Tumbuhkan Budaya Baca, Perpustakaan Daerah Nunukan Jangkau Pulau

Rumah baca ini melakukan kegiatan belajar sore,dan kegiatan latihan tarian lomba membaca, menulis, menggambar. “Kegiatan lain kunjungan ke Rumah Baca Cabang yaitu Bukit Keramat, Bukit Sion, Bukit Menangis, Dan Bergosong Malaysia,” kata Daniel.

Penggerak rumah baca, yaitu dibantu oleh pengajar muda dari Indonesian mengajar dibantu oleh Tim Relawan Rumah Baca.

Sayangnya rumah baca ini, belum punya bangunan sendiri. Masih menumpang dibangunan Posyandu Atas izin Pemdes Sungai Limau.

Dengan adanya program pengiriman gratis 2017-2018 kami mendapat sumbangan buku selama ini, dari relawan buku dari pulau Jawa, Papua, Sumatera, ada juga bantunan dari Perpus Nunukan. Namun akhir 2018 program pengiriman buku gratis dihentiknan.

“Kita juga mendapat dukungan dana dari desa untuk kegiatan, namun tidak mencukupi,” kata Daniel.

Menurut dia, keberadaan Rumah Baca ini mendapat respons baik masyarakat di perbatasan Lourdes Sungai Limau Sebatik Tengah, Nunukan. Warga setempat sangat mendukung, rumah baca ini. Diharapkan ke depan bisa punya bangunan sendiri.

Aktitivitas anak di Rumah Baca Lentera. (ama)

(ama/*)

One thought on “Tim Relawan Rumah Baca Lentera Buka Akses Sampai Sebatik

  1. Pingback: Cerdaskan Anak Sebatik, Komunitas Pelintas Batas Giatkan Literasi | Newsurban

Leave a Reply