Bupati Laura Puji Terobosan Lapas Bangun Taman Agrowisata

Bupati Laura mengalungkan kerajinan khas Nunukan kepada Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI Sri Puguh Budi Utami saat peresmian Taman Agrowisata Lapas Nunukan, Kamis (13/2/20). (ist humas)

Taman agrowisata Lapas Nunukan melengkapi berbagai objek wisata di Kabupaten Nunukan. Diharapkan agrowisata lapas mampu menarik kunjungan wisatawan ke Nunukan. 

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID – Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid memuji terobosan Kepala Lapas II Nunukan Pujiono yang telah membangun taman agrowisata asimilasi dan edukasi di Kawasan Lapas Nunukan.

Menurut Laura pembangunan taman agrowisata itu, sejalan dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Nunukan menjadikan sektor agrobisnis untuk pengembangan kualitas ekonomi masyarakat.

“Sepertinya beliau (Kepala Lapas Nunukan) ini punya indera keenam sehingga mampu mensinergikan program agrowisata dengan visi misi agrobinis pemerintah daerah. Sehingga rasanya tidak salah kalau kita beri acungan jempol buat beliau,” kata Laura saat memberikan kata sambutan pada Acara Peresmian Taman Agrowisata Asimilasi dan Edukasi di Lapas II Nunukan, Kamis (13/2).

Klik >>> Bupati Laura Harap Wajah Baru Lapas Nunukan Menginspirasi Warga Binaan

Hadir dalam kegiatan itu Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI Sri Puguh Budi Utami, Kakanwil Kemenkumham Kalimantan Timur Yudi Kurniadi, Ketua DPRD Kabupaten Nunukan Hj. Rahma Leppa Hafid, perwakilan Forkopimda dan seluruh Jajaran Lapas Nunukan.

Menurut Laura, keberadaan taman agrowisata asimilasi dan edukasi Lapas Nunukan akan semakin melengkapi berbagai objek wisata di Kabupaten Nunukan, serta diharapkan akan mampu menarik kunjungan wisatawan.

Laura juga menilai taman agrowisata itu memiliki makna filosofis yang sangat dalam. “Dengan melihat pemandangan yang begitu indah dan luar biasa di taman ini, maka diharapkan nantinya tidak ada lagi keinginan berbuat jahat yang bisa membuat dirinya masuk ke sana (penjara). Inilah makna filosofis dari taman ini,” ujarnya.

Dirjen Pemasyarakatan Sri Puguh Budi Utami sebelum secara meresmikan taman agrowisata asimilasi dan edukasi itu menyatakan, selain untuk mendukung program agrobisnis pemerintah daerah, taman agrowisata asimilasi dan edukasi itu akan dimanfaatkan sebagai sarana reintegrasi sosial. “Kenapa perlu dilakukan asimilasi, supaya para penghuni lapas nantinya memiliki bekal sosial yang cukup untuk kembali lagi ke masyarakat,” kata Budi Utami.

Taman agrowisata asimilasi dan edukasi Lapas Nunukan adalah areal perkebunan yang berada di samping Lapas Nunukan yang ditanami berbagai jenis buah – buahan. Di areal perkebunan itu juga terdapat kolam ikan dan kandang ayam potong yang dikelola oleh para penghuni lapas. Setelah diresmikan, masyarakat nanti dapat berekreasi di taman itu.

Ketua DPRD Nunukan Hj Rahma Leppa Hafid bersama Bupati Laura dan Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham Sri Puguh Budi Utami melakukan pengguntingan pita peresmian Taman Agrowisata Lapas Nunukan, Kamis (13/2/20). (humas)

(hms/adi/*)