Jalan Sehat di Pasar Bambaru, Walikota Teringat Saat Jualan Beras

Walikota Palu Drs Hidayat M.Si didampingi Kadis Perdagangan dan Perindustrian kota Palu Syamsul Saifudin mengikuti jalan sehat bersama masyarakat sekitaran Pasar Bambaru, Kelurahan Baru, Kamis, 20 Februari 2020. (yusuf/humas)

“Banyak kenangan saya bersama ibu berjualan beras di Pasar Tua ini. Rasa berdosa saya kalau tidak merenovasi pasar ini di akhir jabatan saya.” Walikota Palu Hidayat.

PALU, NEWSURBAN.ID – Walikota Palu Hidayatdidampingi Kadis Perdagangan dan Perindustrian kota Palu Syamsul Saifudin mengikuti jalan sehat bersama masyarakat sekitaran Pasar Bambaru, Kelurahan Baru, Kamis pagi (20/2/20).

Jalan sehat yang dimulai sekitar pukul 07.00 WITA tersebut melewati rute dari Pasar Bambaru menuju jalan Gajah Mada, kawasan Palu Plaza, jalan Sis Al-Jufri, dan kembali finish di Pasar Bambaru.

Wali kota mengatakan, tahun ini, pihaknya berkomitmen akan menyelesaikan renovasi pembangunan Pasar Bambaru yang penuh kenangan saat dirinya berjualan beras bersama ibunya.

“Banyak kenangan saya bersama ibu berjualan beras di Pasar Tua ini. Rasa berdosa saya kalau tidak merenovasi pasar ini di akhir jabatan saya,” ungkapnya.

Baca:

Selain alasan tersebut, katanya perbaikan pasar ini sebagai upaya pengembangan ekonomi di kota Palu untuk mewujudkan Palu menjadi kota destinasi bagi wisawatan di seluruh Indonesia maupun luar negeri.

“Kalau hanya kita sendiri yang menikmati, percuma. Makanya kita harus undang orang luar untuk datang ke Palu,” lanjutnya.

Menurut Hidayat, hanya dengan cara itulah ekonomi di Kota Palu bisa dikembangkan mengingat Ibu Kota provinsi Sulawesi Tengah ini tidak memiliki potensi dari sektor pertanian, perikanan, peternakan, dan lainnya.

Untuk menjadi kota destinasi, kata Hidayat harus memenuhi beberapa syarat yakni kebersihan, keindahan, ketertiban, keamanan dan kenyamanan. Makanya dibentuk Satgas K5 di seluruh kelurahan di kota Palu.

“Bagaimana pun kita merencanakan Palu menjadi kota destinasi, kalau K5 tidak kita wujudkan, itu tidak akan jadi. Olehnya, Satgas K5 yang kita bentuk, harus tuntas,” katanya.

Selain itu, Wali kota juga menambahkan bahwa pihaknya berencana akan membangun kawasan bantaran sungai Palu yang sampai saat ini belum termanfaatkan.

“Master plan perencanaan pengembangan sungai sudah kita detailkan. Kalau ada dana, bisa dipastikan kita akan bangun. Kiri kanan sungai, harus ada jalan supaya bermanfaat,” tandasnya. (yusuf/*)

Leave a Reply