Bantu UMKM, Rumah Kreatif Buka Class Training di Nunukan

Sejumlah pelaku UMKM yang bergerak di sektor kuliner mengikuti Training Class di Rumah Kreatif BUMN yang digelar PLN Cabang Nunukan belum lama ini. (ist)

Rumah Kreatif BUMN membuka class training di Kabupaten Nunukan. Itu merupakan salah satu bentuk dukungan BUMN kepada pelaku UMKM.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID – Pelaku Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) terus berbenah untuk bersaing dalam mengembangkan usaha. Pelau UMKM di perbatasan Indonesia-Malaysia ini banyak bergerak di industri kuliner.

Mendukung geliat UMKM tersebut, salah satu Badan Usaha Milik Naegara (BUMN) yaitu PT PLN Persero Unit Nunukan 😎😎😎 melalui bidang UMKM menyelenggarakan Class Training bagi pengusah-pengusaha UMKM di Kabupaten Nunukan. Class Training dibuka di Rumah Kreatif PLN Nunukan, belum lama ini.

Kegiatan Class Training menghadirkan salah satu pemateri dari PT. PLN Kantor Cabang yang membidangi UMKM. Materi yang disajikan fokus pada sajian produk, kemasan produk, hingga rumah produksi yang bisa membantu, pelaku usaha terus berkembang dan dapat mengekspor hasil produk-produk mereka.

Ketua Penyelenggara Class Training Robiyanti menyampaikan kegiatan ini merupakan kolaborasi/kerja sama antara Kelompok Pelaku Usaha bersama Rumah Kreatif BUMN (RKB). “Di tahun ini ada empat kegiatan yang sama di mana, dua kegiatan dilaksanakan di Nunukan, dan 2 kegiatan akan dilaksanakan di Sebatik. Dengan adanya kegiatan ini kita dapat meningkatkan kualitas dan mutu produk-produk para pelaku usaha di kabupaten nunukan,” jelasnya.

Baca:

Bupati Nunukan menyampaikan dalam sambutanya yang dibacakan Kepala Dinas UMKM dan Koprasi H Abdul Karim mengatakan, saat ini pemerintah daerah terus berupaya untuk membuka ruanag seluas-luasnya bagi berkembangnya UMKM di Kabupaten Nunukan.

“Beberpa waktu yang lallu DPMPTSP sudah menyelenggarakan sosialisasi tentang perizinan usaha bagi UMKM, dan diharapkan dengan sosialisasi tersebut para pelaku usaha dapat memahami alur perizinan sehingga legalitas usaha dari UMKM dapat terus ditingkatkan. Pembinaan dan dukungan keada UMKM pada beberapa tahun ini juga terus dilakukan melalui dinas terkait sehingga diharapkan usaha UMKM dapat terus bertumbuh,” tutur Bupati Nunukan.

Kepala Dinas UMKM dan Koprasi H Abdul Karim menambahkan, UMKM di Kabupaten Nunukan sejak tahun 2017 hingga saat ini tercatat 2756 UMKM. Dalam dua tahun terakhir ini pertumbuhan UMKM sangat pesat.

“Kami dari dinas terkait telah melakukan koordinasi dengan beberapa instansi hingga kementrian dan terakhir kita mengikuti pertrmuan dengan Provinsi ada beberapa kegiatan non kuliner juga yang harus kita tingkatkan terus termaksud arahanya ke industri, dan kita sudah melakukan Koordinasi dengan balai diklat Makassar untuk menjajaki tingkat induri, ini yang terus kami lakukan agara UMKM dan Koprasi yang ada di Kabupaten Nunukan dapat bersaing dan bias memiliki rumah industri nantinya,” kata Abdul Karim. (adi/*)

One thought on “Bantu UMKM, Rumah Kreatif Buka Class Training di Nunukan

  1. Pingback: Sinergi Pemprov Kaltara-Pemkab Nunukan Dorong Integrasi Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan | Newsurban

Leave a Reply