Imigrasi Kelas II TPI Nunukan Canangkan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM

Bupati Nunukan Hj Asmin Laura ikut menandatangani Piagam Deklarasi Pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Nunukan, Kamis 27 Februari 2020. (fbi)

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Nunukan mendeklarasikan sekaligus melakukan penandatanganan Piagam Deklarasi Pencanangan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID
Pencanangan ZI Menuju WBK dan WBBM berlangsung di aula rapat Kanim Nunukan (27/2/20), dengan dihadiri oleh Bupati Nunukan Hj.Asmin Laura, Fitri Zulfahmi selaku Kepala Kejaksaan Nunukan, Wakil Kepala Kapolres Nunukan dan Hakim Pengadilan Negeri Nunukan.

Bupati Nunukan, Hj. Asmin Laura, dalam sambutannya mengatakan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi/ Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani pada hakekatnya adalah untuk menegaskan komitmen kita selaku ASN untuk memberikan pelayanan yang terbaik khususunya kepada masyarakat Nunukan.

“Bisa kita bayangkan apabila komitmen ini dapat terbangun di semua sector layanan pemerintah, baik itu Pemda ataupun Pemerintah Pusat, maka tidak mustahil tingkat kepuasan masyarakat atas pelayanan pemerintah akan meningkat. Tentu hal ini akan menciptakan kondusifitas di dalam masyarakat sebagai modal utama dalam percepatan pembangunan,” kata Bupati Laura.

Bupati Laura menambahkan, ke depan Kabupaten Nunukan sebagai wilayah NKRI yang berada di wilayah perbatasan memiliki tantangan yang semakin kompleks.

“Apalagi sekarang kita dihadapkan pada rencana pemindahan Ibu Kota baru di Kaltim yang tentunya akan berimbas pada akses pintu keluar-masuk barang dan orang di Kabupaten Nunukan dengan Negara tetangga Malaysia, akan terjadi dinamika sosial ekonomi masyarakat yang semakin meningkat. Hal ini harus dapat diantisipasi oleh kita semua, khususnya pihak yang ditugaskan oleh negara di perbatasan ini. Dan Zona Integritas ini salah satu langkah yang tepat,” tutur Laura.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Nunukan Hanton Hazali mengatakan bahwa pihaknya saat ini berupaya mewujudkan Zona Integritas khususnya yang terpenting adalah bebas dari korupsi dan peningkatan pelayanan publik.

Baca:

“Tahun ini kita akan membangun sarana pendukung, mengingat sarana yang ada di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Nunukan belum maksimal. Kita lakukan secara bertahap, mungkin habis lebaran kita mulai kerjakan dan insyaallah sebelum bulan September sudah selesai, termasuk ada perubahan layout layanan akan sesuai standar pelayanan publik. Ini semua wujud dari kegiatan pecanangan kita hari ini,” katanya.

Dalam membangun Zona Integritas, kata Hanton Hazali, salah satu tahapannya adalah melakukan pencanangan Zona Integritas yang merupakan bentuk pernyataan instansi siap menyandang predikat Zona Integritas.

Setelah pencanangan ini, lanjut Hanton Hazali, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Nunukan siap merealisasikan program-program yang telah disiapkan ke dalam aksi konkrit yang sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Pemerintah dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM di Lingkungan Kementrian/ Lembaga dan Pemerintah Daerah.

Hanton Hazali juga mengajak kepada semua stakeholder untuk memberikan dukungan dan bersinergi dalam melaksanakan tugas untuk mewujudkan pembangunan menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

Hanton Hazali bilang, setelah penandatanganan Piagam Deklarasi Pencanangan Zona Integritas oleh Kepala Kantor Imigrasi Nunukan dengan disaksikan oleh Bupati Nunukan, Kepala Kejaksaan Nunukan, Wakil Kepala Kapolres Nunukan dan Hakim Pengadilan Negeri Nunukan.

Kemudian, disusul dengan penandatanganan Fakta Integritas oleh Kepala Kantor Imigrasi Nunukan dan para Kepala Seksi pada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Nunukan. Terakhir, pernyataan dukungan dari para staf Kantor Imigrasi Kelas II TPI Nunukan yang ditandai dengan pernyataan pada selembar banner.

Adapun bunyi Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2020 “Transformasi Sumber Daya Manusia Digital”, sebagai berikut:

Kami Pegawai Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Berjanji untuk:

  1. Mewujudkan sumber daya manusia unggul melalui Implementasi Kementrian Hukum dan HAM Corporate University;
  2. Mengembangkan team work dan e-Government dalam rangka mewujudkan Good Governance;
  3. Meningkatkan akses layanan Hukum dan HAM yang berkeadilan;
  4. Meningkatkan Keramahtamahan (hospitality) dalam pelayanan masyarakat;
  5. Menjadi Role Model dan memberikan kinerja terbaik kepada organisasi guna meningkatkan satuan kerja berpredikat wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

(fbi/*)

3 thoughts on “Imigrasi Kelas II TPI Nunukan Canangkan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM

  1. Pingback: Warga Apresiasi Layanan Paspor Simpatik | Newsurban

  2. Pingback: BNN Sebut Nunukan Pintu Masuk Incaran Jaringan Narkoba Internasional | Newsurban

  3. Pingback: WNA Malaysia Diamankan Imigrasi, Masuk Indonesia Melalui Jalan Tikus | Newsurban

Leave a Reply