Ribuan Warga Bulukumba Akan Hadiri Pelantikan 4 Pengurus Cabang KKB Se-Kaltara

Bupati Nunukan Hj Asmin Laura bersama tokoh masyarakat Bulukumba yang bermukim di Kalimantan Utara, Sabtu (29/2/20). (ist)

Ribuan Warga asal Bulukumba, Sulawesi Selatan  yang tersebar di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) akan berkonsentrasi di Gedung Ali Akbar Jl. Fatahillah, Nunukan pada Sabtu 29 Februari 2020.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID – Kehadiran mereka adalah untuk menyaksikan pengukuhan dan pelantikan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Kerukunan Keluarga Bulukumba (KKB) Se-Kaltara.

Rencananya 4 Pengurus DPC  se – Kalimantan Utara akan dilantik secara serentak oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) KKB,  Andi Badi Sommeng .Keempat DPC itu diantaranya DPC Bulungan, DPC Tarakan, DPC KTT dan DPC Nunukan 😎  sendiri yang bertindak sebagai tuan rumah.

Ketua DPC KKB Nunukan, Syafri Habe mengatakan bahwa pelantikan ini akan berbeda dengan pelantikan sebelumnya.

Menurut Syafri, antusiame warga Bulukumba untuk hadir menyaksikan pelantikan pengurus KKB, sangat luar biasa.

“Saya sebagai orang yang diberi mandat  sebagai ketua  tentu semakin tertantang untuk menghadirkan kepengurusan yang solid.Sesuai filosifi dari daerah asal kami yakni  Mali siparappe tallang sipahua  yang bermakna Jika hanyut sama-sama terdampar, jika tenggelam sama-sama terapung,” ungkap Syafri.

Baca:

Ungkapan tersebut , lanjut Syafri , adalah ciri dari 2 suku besar yang ada di Bulukumba yakni Suku Bugis di bagian Barat dan Suku Konjo (mirip dengan Suku Makassar) di bagian Timur. “Kita Akan solid, bersatu dan saling kerjasama dalam segala hal,” tegas Syafri.

Saat ditanya Soal sikap KKB jelang Pilkada Serentak yang akan digelar 20 Sepetember 2020 mendatang, Syafri menampik dengan senyum. Ia mengatakan  bahwa warga Bulukumba dalam wadah KKB  akan  realitis  dalam mengarahkan dukungan kepada  calon kepala daerah di Pilkada mendatang.

“Kita akan kontribusi memilih yang terbaik untuk kemajuan Kaltara Dan Nunukan khususnya.Siapapun yang merencanakan memajukan daerah kita ini akan kita suppor.Tentu harapan kita sama dengan warga yang lain.yakni menghadirkan kepemimpinan yang baik,” tuturnya.

Syafri mengakui bahwa saat ini  keberadaan warga asal Bulukumba di Nunukan  yang mencapai lebih dari 10.000 jiwa tersebar di seluruh wilayah Nunukan memang akan menjadi kekuatan yang diperhitugkan. Namun terkait arah dukungan, Syafri menjawab secara diplomatis bahwa pihaknya akan 1 Komando.

“Kita insya Allah 1 Komando. Satu  komando bukan berarti mutlak keputusannya, namun kandidat yang meminta dukungan dari organisasinya akan dimusyawarahkan terlebih dulu untuk selanjutnya tercetus dalam 1 sikap.Kita liat aja nanti,” jelasnya.

Namun kendati telah mempunyai sikap akan 1 suara dalam arah dukungan, Syafri membantah bahwa acara Pelantikan DPC KKB karena berkaitan dengan Pilkada. Pelantikan yang akan dilakukan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan rencananya akan dihadiri Gubernur Kaltara Bupati Nunukan, Perwakilan pemkot Tarakan dan rombongan Pengurus DPP dari Bulukumba  tersebut adalah murni karena kerja keras Panitia bersama warga  Bulukumba.

Berkumpulnya warga dalam 1 momentum besar ini tentu sangat kami syukuri.Apalagi meliahat antusieme warga untuk menyaksikan Pengukuhan dan pelantikan DPC Sekaltara.

“Apabila ada opini dan asumsi yang muncul bahwa acara pelantikan kami nanti bermuatan Politis, itu sah – sah saja. Dan tugas kami lah untuk melakukan bantahan melalui bukti dilapangan,” tegas Syafri.

Terpisah, Ketua Panitia Pelantikan , Iswan menuturkan bahwa  tujuan dari Pelantikan DPC KKB Nunukan tersebut, untuk mengukuhkan Kepengurusan baru sesuai amanah AD ART KKB.

Melalui kepengurusan baru nantinya, Warga Bulukumba yang bermukim di Tanah Kalimantan ini akan semakin terjalin sambung rasa, lebih solid dan lebih megedepankan rasa kekeluargaan.

Selain itu,  keberadaan warga Bulukumba di Nunukan, diharapkan lebih berdaya dan teroganisir dalam berkontribusi aktif memajukan daerah tempat bermukim.

Selain penguatan ekonomi dan silaturahim di internal warga Bulukumba,Iswan  mengungkapkan bahwa dengan pelantikan kepengurusan yang baru nantinya, hubungan baik kepada pihak lain juga akan lebih ditingkatkan.

Termasuk suppor kepada  pemerintah daerah untuk  mewujudkan rencana baik pemerintah. Baik provinsi maupun kabupaten,terkhusus Nunukan.

Menurutnya, penguatan silaturahim di internal warga Bulukumba, hanya akan sempurna apabila diseimbangkan dengan semakin eratnya silaturahim dengan pihak lain tanpa kecuali.

Senada dengan Iswan, Syafri mengatakan bahwa warga Bulukumba  sangat memegang teguh  filosofi “dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung”.

“Insya Allah Warga kami akan menebar manfaat di mana-mana. Akan menjadi motor terciptanya keharmonisan antar warga, Apalagi di wilayah Perbatasan ini, dimana harmonisme dalam hubungan sosial adalah salah satu tiang penyangga kedaulatan,” pungkasnya. (arung/*)

Leave a Reply