FGD Kesbangpol, Hidayat Tekankan Hidupkan Kearifan Lokal dan Budaya di Palu

Walikota Palu Hidayat didampingi Kepala Badan Kesbangpol kota Palu Abidin membuka secara resmi Forum Group Discussion di Ruang Rapat Bantaya Kantor Walikota Palu, Senin, 2 Maret 2020. (yusuf-humas)

Forum Group Discussion (FGD) Badan Kesbangpol Kota Palu adalah upaya Pemkot Palu menghidupkan kearifan lokal dan budaya dalam kehidupan masyarakat di Kota Palu di tengah modernisasi yang serba digital.

PALU, NEWSURBAN.ID – Walikota Palu Hidayat didampingi Kepala Badan Kesbangpol Kota Palu Abidin, membuka secara resmi Forum Group Discussion (FGD) di Ruang Rapat Bantaya Kantor Walikota Palu, Senin 2 Maret 2020.

FGD yang diselenggarakan Badan Kesbangpol Kota Palu tersebut mengangkat tema “Implementasi Kebijakan Nilai-nilai Kearifan Lokal dalam Memperkokoh Budaya Bangsa”. FGD menghadirkan sejumlah tokoh seperti tokoh adat, tokoh agama, dan lainnya.

Walikota Hidayat mengatakan, FGD ini merupakan bagian dari evaluasi kebijakan Pemerintah Kota Palu dalam rangka membangun kembali nilai-nilai kearifan lokal, yaitu nilai kekeluargaan, toleransi, dan kegotongroyongan di tengah-tengah masyarakat.

“Kalau nilai-nilai ini tidak hidup di tengah masyarakat kita, kemungkinan besar akan terjadi lagi konflik-konflik yang tidak kita inginkan seperti yang terjadi beberapa tahun lalu,” katanya.

Baca:

Menurut Walikota, potensi konflik antar daerah di Kota Palu tersebut masih sangat rentan terjadi, maka dibutuhkan peran para lembaga adat, tokoh agama, Satgas K5, mombine Gali Gasa, tim Gerakan Gali Gasa, dan lainnya untuk menjaga ketiga nilai tadi.

“Ini semua dalam rangka memberikan fungsi para tokoh-tokoh informal melalui lembaga-lembaga yang telah kita bentuk. Karena tidak mungkin hanya pemerintah sendiri yang berperan. Harus ada kolaborasi,” lanjutnya.

Walikota Hidayat berharap pertemuan FGD ini, dapat memberikan evaluasi-evaluasi yang konstruksi demi kemajuan kota Palu sebagai ibu kota provinsi Sulawesi Tengah. (yusuf/*)

One thought on “FGD Kesbangpol, Hidayat Tekankan Hidupkan Kearifan Lokal dan Budaya di Palu

  1. Pingback: Walikota Hidayat: Lembaga Kearifan Lokal dan Lembaga Agama Garda Terdepan Penjaga Budaya Bangsa | Newsurban

Leave a Reply