239 Pelajar SD dan SMP Kabupaten Nunukan Bersaing Jadi Bintang

Peserta Lomba Bintang Pelajar Nunukan 2020 di Aula Pertemuan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Nunukan, Sabtu (7/3/20). (ama)

Festival Gemilang Pelajar Pintar 2020 se Kabupaten Nunukan sudah final dengan kompetisi Bintang Pelajar 2020. Kompetisi ini diikuti 239 peserta dari berbagai Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama se Kabupaten Nunukan.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID – Pelajar SD dan SMP yang jumlahnya 239 orang dududuk tenang di kursi masing-masing, Sabtu (7/3/20) di aula pertemuan Disdikbud Kabupaten Nunukan😍😍😍. Mereka terlihat fokus mengerjakan soal untuk menjadi Bintang Pelajar Nunukan 2020.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Nunukan, H. Junaidi mengatakan, Bintang Pelajar merupakan lanjutan dari Gemilang Pelajar Pintar 2020. Gemilang Pelajar Pintar 2020 digelar dalam rangka mengenang pahlawan nasional RA Kartini dan Bapak Pendidikan Ki Hajar Dewantara.

Lomba Bintang Pelajar terbagi dua kategori, SD dan SMP. Pesertanya SD berjumlah 132 orang dan SMP berjumlah 107 orang.

Materi soal adalah pilihan ganda tentang wawasan kebangsaan dan UUD 1945 untuk menguji kecerdasan anak-anak.

Menurut Junaidi, Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid mengarahkan kegiatan pembinaan melalui berbagai lomba untuk siswa sehingga digelar setiap tahun.

Peserta event tak hanya dari Ibukota Nunukan. Ada yang dari pulau Sebatik, Seimenggaris, Sebuku, Tulin Onsoi, Sembakung dan Lumbis Hulu. Junaidi memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada peserta dari luar pulau Nunukan.

Baca:

Daerah Lumbis ini, baik ke hilir maupun kembali ke hulu transportasinya menggunakan perahu kayu bermesin tempel. Transportasi perahu menempuh jalur yang rawan dan memakan waktu lama.

“Saya apresiasi semangat merka. Membangun karakter generasi penerus bukan hanya di kota, tetapi buat mereka yang ada di daerah 3T (terpencil, terisolir dan terluar),” ungkap Junaidi di sela-sela lomba Bintang Pelajar.

Hikmah dari kegiatan ini, lanjut Junaidi, terjadinya pertemuan antara guru dan siswa dari berbagai kecamatan di Kabupaten Nunukan.

Junaidi pun mengatakan, pelajar yang mengikuti setiap lomba, diberikan apresiasi. Misalnya piagam juara dan penghargaan untuk menunjang dalam penerimaan peserta didik baru.

“Kemudian ada piala, bingkisan dan uang pembinaan dari Bupati Nunukan,” pungkas Junaidi. (ama/*)

One thought on “239 Pelajar SD dan SMP Kabupaten Nunukan Bersaing Jadi Bintang

  1. Pingback: Wakili Nunukan di Agua DNC 2020, Ini Harapan Coach Garuda Perbatasan FC | Newsurban

Leave a Reply