Tambahan Penghasilan ASN Pemkot Makassar Cair, Jadwal Mengikuti Kebijakan OPD

Pencairan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) untuk ASN di daerahnya mengikuti kebijakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, mengungkapkan
Pencairan TPP bagi para pegawai telah ada yang mengajukan dan sedang diproses.

“Sudah ada, malah mungkin satu dua hari ini sudah ada yang bisa dibayar, tidak ada masalah, sudah ada yang mengajukan,” kata Iqbal di Makassar.

Menurut Iqbal, bisa jadi jadwal pembayaran TPP memang berbeda atau tidak serentak tergantung situasi di tiap unit kerja. Iqbal mengaku masih belum mengetahui instansi mana yang terlebih dahulu bakal dicairkan TPP-nya. “Jadi mungkin ada yang hari ini pencairan, ada minggu depan, tergantung” ujar Iqbal.

Iqbal menjelaskan, unit yang belum tercairkan dijelaskan karena adanya persoalan administrasi yang dipandang belum rampung sehingga memerlukan waktu lebih. “Kembali ke unit kerja melengkapi dia punya administrasi. Saya kemarin ke inspektorat dia sudah mengajukan,” katanya

Sementara Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Makassar, Basri Rahman, sebelumnya menuturkan persoalan administrasi memang menjadi penyebab utama dalam menentukan pencairan TPP bagi pegawai. “Terkait validasi memang semua harus valid sebelum tahap pembayaran,” katanya.

Baca:

Menurut Rahman, pihaknya telah mengupayakan untuk mempercepat validasi dengan menghimbau masing-masing pihak SKPD melalui pengumuman online.

Munandar, Kabid Kinerja Dan Penghargaan BKPSDM Makassar,  menambahkan, ada dua jenis validasi yang perlu dipenuhi oleh para pegawai. “Itukan ada dua, validasi aktivitas dan validasi kehadiran. Antara kinerja dan disiplin kalau disiplin kan divalidasi di BKD kalau kehadiran kalau SKPD divalidasi atasannya masing-masing,” katanya.

Rahman mengatakan, atasan bertanggung jawab terhadap kinerja dari para pegawai, dimana ketika adanya ketidakhadiran yang beralasan, maka dapat diinput dan selanjutnya menjadi tanggung jawab atasan. (*)

Leave a Reply