Rakor Corona, Ketua DPRD Nunukan: Warga Siaga dan Jangan Panik

Ketua DPRD Nunukan Hj Rahma Leppa Hafid hadiri rapat koordinasi pencegahan dan penanganan wabah virus corona di Kantor Bupati Nunukan, Selasa 10 Maret 2020. (arung/*)

Meski belum ditemukan kasus corona di kabupaten perbatasan RI-Malaysia, DPRD dan Pemkab Nunukan tetap siaga. Kesiapsiagaan terhadap wabah Covid-19, dibahas dalam rapat koordinasi Pemkab Nunukan yang dihadiri Ketua DPRD dan anggota DPRD Nunukan di Kantor Bupati Nunukan.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID – Ketua DPRD Nunukan Hj Rahma Leppa Hafid rakot kesiapsiagaan Covid-19 di Kantor Bupati Nunukan mengatakan, meski belum ada kasus di Nunukan, DPRD dan Pemkab harus siaga melakukan pencegahan dan kesiapan penanganan.

Rahma menjelaskan, fenomena corona yang telah menjadi isu yang paling banyak diikuti di awal tahun 2020 harus disikapi dengan kesiapsiagaan. “Infeksi virus ini dikenal dengan Covid-19 ini pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, Tiongkok, pada akhir Desember 2019 bisa mewabah ke mana-mana. Walaupun belum ada kasus di Nunukan kita harus siap siaga, agar tidak kewalahan ketika terjadi,” tutur Ketua DPRD Nunukan.

Diketahui, penyakit ini disebabkan virus 2019 novel yang merupakan jenis baru virus corona. Dugaan awalnya menular dari konsumsi hewan liar seperti kelelawar ke manusia yang pada perjalanannya bahkan menular sesama manusia.

Baca:

“Kami menyambut baik dengan diadakannya rapat Koordinasi Kesiapsiagaan COVID-19 (Corona) yang difasilitasi oleh Pemda Nunukan oleh Ibu Bupati Nunukan,” kata Rahma Leppa.

Dia pun berpesan agar masyarakat Nunukan tidak perlu panik dan jangan khawatir. “Gunakan masker saat berkendara, cuci tangan. Jangan sampai kita tidak fokus melakukan aktivitas keseharian,” ujar Rahma Leppa.

Dia mengingatkan, pencegahan penularan virus corona menjadi cara terbaik dibandingkan membesarkan rasa ketakutan dan kepanikan. “Pencegahan adalah cara terbaik, jangan panik dan khawatir berlebihan yang akhirnya membatasi diri sendiri untuk beraktivitas,” beber Rahma Leppa.

Rapat koordinasi turut dihdiri Asisten Pemerintahan, Asisten Ekonomi dan pembangunan Pemda Nunukan, Dinas Kesehatan,  Dinas Pendidikan,  Dinas Sosial, RSUD Nunukan,  Otoritas Bandara Udara, Kepala Pelindo, Kepala KSOP, BPBD, OPD, Imgrasi Nunukan, Kodim Nunukan,  Polres Nunukan,  Kapolsek KSKP, Danpos AU,  PMI Nunukan, RRI Nunukan,  Kepala Basarnas, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Nunukan, Karantina Pertanian, Karantina Perikanan, Puskesmas Nunukan, Puskesmas Sedadap,  Instansi Vertikal Lainnya Dan Dihadiri juga oleh Ketua DPRD beserta beberapa anggota DPRD Nunukan. (arung/*)