Tak Hanya Online, Dukcapil Nunukan Terapkan Layanan “Jemput Bola” di Kecamatan Terluar

Pelayanan data kependudukan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Nunukan. (ama)

Memudahkan pelayanan kepada masyarakat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menerapkan perekaman sistem online. Untuk kecamatan terluar (wilayah 3) pihaknya menerapkan layanan “jemput bola”.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Nunukan ❤ Akhmad mengatakan, pihaknya terus berupaya melakukan inovasi untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan. Salah satunya adalah penerapan sistem online seperti yang digunakan daerah lain di Indonesia dan sistem “jemput bola” untuk daerah terluar.

“Pada perinsipnya kami memberikan pelayanan terkait adminitrasi. Saya rasa kita sudah sama secara nasional. Itu mengacu paada undang-undang administrasi kependudukan,” katanya kepada newsurban.id, Selasa (17/3/20).

Penerapan sistem online menurut dia sangat memudahkan Dukcapil dalam menjalankan tugas. Sebab kata dia, Dinas Dukcapil tidak hanya mencatat seluruh data masyarakat yang yang berdimisili di Kabupaten Nunukan saja, tetapi juga penduduk pendatang dari luar kabupaten Nunukan. “Termasuk penduduk asli Nunukan dan penduduk Nunukan yang ada di luar negeri,” ujar Akhmad.

Baca:

Penerapan sistem online tersebut diakui Akhmad membuat pelayanan menjadi lebih cepat. “Alhamdulillah dengan sistem yang ada sudah cukup berjalan baik. Apalagi sekarang ini pelayanan berbasis online. Meski masyarakat kita belum begitu familiar pelayanan berbasis online tetapi kita terus melakukan edukasi agar masyarakat paham dan bisa memanfaatkan layanan online,” jelasnya.

Dia mengakui, ada masyarakat yang mengalami kendala, terutama yang jauh di luar Nunukan yang belum lancar fasilitas teknologinya. “Itu tantangan buat kami, tetapi tidak mengurangi layanan kepada masyarakat. Mereka bisa mendatangi kecamatan terdekat yang sudah memiliki fasilita seperti perekaman KTP Elektronik,” jelas Akhmad.

Fasilitas yang ada kata dia sudah memadai. Hanya ada beberapa yang perlu diganti. “Namun apabila masih bisa diperbaiki kita akan perbaiki,” ujarnya.

Tak hanya mengandalkan layanan online. Akhmad mengaku pihaknya juga melakukan pelayanan “jemput bola”. “Untuk sementara ini ada beberapa petugas yang sedang menuju ke beberapa wilayah yang jauh seperti di wilayah 3 dan yang lainya,” katanya.

Untuk memacu data kependudukan, Akhmad mengakui beberapa waktu lalu pihaknya mengadakan rapat pembentukan tim pelayanan cepat bagi masyarakat melibatkan seluruh intansi terkit agar lebih mudah untuk pencapaian target nasional.

“Rapat dengan beberapa kecamatan dari dinas lintas sektor
seperti Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Rumah Sakit, dan semua camat yang ada di Kabupaten Nunukan,” tambahnya.

Pencegahan dini penyebaran Virus Corona, Pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Nunukan mengenakan masker dan sarung tangan. (ama)

“Kami tidak dapat bekerja dengan maksimal tanpa ada dukungan dan kerja sama dari masyarakat. Contohnya apabila ada yang meninggal sebaiknya proaktif sehinga dihari itu jugak kita langsung proses,” pungkasnya. (ama/*)

2 thoughts on “Tak Hanya Online, Dukcapil Nunukan Terapkan Layanan “Jemput Bola” di Kecamatan Terluar

  1. Pingback: Dinsos Dorong Masyarakat Bentuk Kube, Akan Diberikan Bantuan Modal | Newsurban

  2. Pingback: Berdayakan Nelayan, Dinas Perikanan Siapkan Bantuan Sarana dan Prasarana | Newsurban

Leave a Reply