Cegah COVID-19, Dirjen PPMD Sebut Pemdes Bisa Gunakan Dana Desa, Kabupaten Nunukan Sudah Jalankan

Dirjen Pembangunan dan Pemberdayan Masyarakat Desa (PPMD) Taufik Madjid

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes) melalui Dirjen PPMD Taufik Madjid meminta seluruh pemerintah daerah untuk ikut menangani penyebaran virus desease 2019 corona (COVID-19) dengan memanfaatkan dana desa.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID – Dirjen PPMD Taufik Madjid mengatakan, sesuai dengan Permen Desa Nomor 11 Tahun 2011 Tentang Pedomanan Dana Desa Tahun 2020 salah satunya mengatur kampanye pola hidup sehat dan bersih di desa.

Menurut Taufik, mengatakan mengacunpada Permen tersebut, maka pemerintah desa (Pemdes) bisa digunakannuntuk penanganan COVID-19.

Taufik  menegaskan dana desa  berpeluang  dapat dimanfaatkan untuk menjaga berbagai macam aspek. “Salah satunya sebagai dana antisipasi penyebaran virus COVID-19 yang mewabah di seluruh wilayah Indonesia,” tegas Taufik dalam konferensi pers yang disiarkan live lewat YouTube BNPB, Sabtu (21/3/20).

Dia menjelaskan, dana desa bisa digunakan untuk langkah-langkah pencegahan di bidang pelayanan sosial dasar, kesehatan masyarakat di masing-masing desa.

Baca:

Sementara Kepala Bagian Humas Pemkab Nunukan Hasan Basri mengatakan tidak ada salahnya mengikuti saran dari Dirjen PPMD Kemendes. “Tapi kita lihat juga ke depannya jangan sampai ada desa yang berisiko terkena COVID-19. Karena kami dari Pemkab Nunukan telah melakukan upaya pencegahan,” bebernya.

Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid saat Rakor Kepala Desa sudah menyampaikan kepada perangkat desa agar melakukan langkah strategi pencegahan dan antisipasi  COVID-19 di masing-masing desa.

Selain itu, Bupati Laura Hafid juga telah menerbitkan surat imbauan partisipasi bantuan dana secara sukarela kepada kepala OPD, Instansi Vertikal, Perusahaan BUMN, dan BUMS di wilayah Kabupaten Nunukan. (arung/*)

2 thoughts on “Cegah COVID-19, Dirjen PPMD Sebut Pemdes Bisa Gunakan Dana Desa, Kabupaten Nunukan Sudah Jalankan

  1. Pingback: KPK Gunakan Pasal Ini Jerat Hukuman Mati Pelaku Korupsi Dana Bencana COVID-19 | Newsurban

  2. Pingback: Warga Nunukan Tak Perlu Lagi ke Disdukcapil, Cukup Via WhatsApp Saja | Newsurban

Leave a Reply