Video Call Solusi Kunjungan Napi Rutan Pangkep di Tengah Wabah Corona

Salah satu Napi memanfaatkan video Call Rutan Kelas IIB Pangkep

Hal ini dilakukan Rutan Kelas IIB Pangkep, menyediakan layanan video call, untuk mengobati rasa rindu keluarga dengan penghuni lapas sebagai gantinya.

PANGKEP, NEWURBAN.ID – Banyak cara yang dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19). Hal ini dilakukan Rutan Kelas IIB Pangkep, menyediakan layanan video call, untuk mengobati rasa rindu keluarga dengan penghuni lapas sebagai gantinya.

Layanan ini disediakan untuk kebijakan larangan besuk bagi keluarga selama dua pekan kedepan yang dikeluarkan pihak Rutan.

Baca juga: Bupati Laura Minta Kades Door to Door Ingatkan Masyarakat Cegah Virus Corona

Kepala Rutan Kelas IIB Pangkep Ashari mengatakan, video call menjadi solusi kami, dan sudah mulai diberlakukan sejak awal pemberlakuan kebijakan larangan besuk 17 Maret lalu.

“Ini untuk mencegah virus corona masuk ke lingkungan Rutan Pangkep, jam besuk sudah ditiadakan, tapi kami ganti dengan layanan video call,” ujar Ashari, Sabtu (21/03).

Baca juga: DKI Jakarta! 1 Tenaga Medis Meninggal, 25 Positif Terinfeksi Corona

Napi sendiri akn diberi waktu untuk mengakses video call dengan keluarganya selama 10 menit. Mereka akan bergantian melakukan video call dengan keluarganya pada jam besuk normal seperti hari-hari biasa.

“Layanan video call bagi para napi ini hanya dibuka selama jam besuk yaitu pada pukul 09.00 pagi hingga 13.30 siang. Alhamdulillah, mereka sangat antusias dengan layanan ini, bahkan menjadi hiburan tersendiri,” lanjut Ashari.

Baca juga: Gubernur Sulsel Akui 2 Warganya Positif Corona, 1 Meninggal

Terdapat dua unit komputer yang digunakan untuk layanan video call tersebit, pihak Rutan juga sengaja menggunakan layar monitor yang cukup besar agar baik Napi dan Pembesuk bisa lebih puas melepas rindu.

“Alhamdulillah, semua juga bisa memahami kondisi darurat corona ini, dan tidak keberatan sama sekali,” tutupnya.

Leave a Reply